Harga Fortuner Akhirnya Turun, Tapi Gak Mudah Mendapatkannya

Toyota Fortuner
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Toyota Fortuner menjadi salah satu mobil baru yang mendapatkan isentif PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) dengan kategori mesin di atas 1.500cc sampai 2.500cc, berpenggerak dua roda, dan empat roda.

Adu Laris Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport di 2024

Untuk penggerak 4x2 pemerintah memberikan diskon PPnBM 50 persen, dan 4x4 hanya 25 persen mulai pertengahan September 2021. Artinya banderol Fortuner kembali turun, atau serupa dengan bulan sebelumnya.

Toyota Fortuner GR Sport

Photo :
  • Dok: TAM
Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

Berdasarkan brosur yang didapatkan VIVA Otomotif dari jaringan diler Toyota Auto2000 di kawasan Jakarta, harga Fortuner baru saat ini mulai dari Rp484,600 juta tipe 2.4 G 4x2 manual, sampai Rp676,600 juta untuk tipe 2.4 VRZ 4x4.

“Penurunan harga baru berlaku 18 September, mulai Rp16,700 juta sampai Rp20,600 juta dibandingkan di awal bulan ini,” ujar salah satu sales diler Auto2000 yang enggan disebutkan nama saat dikonfirmasi, Senin 20 September 2021.  

Mau Beli Avanza atau Veloz Bekas, Segini Harga dan Pajak Tahunannya

Lebih lanjut tenaga penjual itu menjelaskan, selain isentif PPnBM masih ada diskon tambahan sebesar Rp5 juta. Namun untuk mendapatkan Sport Utility Vehicle atau SUV tersebut, konsumen perlu menunggu alias inden.

“Unit rebutan, banyak banget peminatnya. Jadi antrean, kalau proses bulan ini, unit baru dikirim ke rumah perkiraan Oktober,” tuturnya.

Di tempat terpisah, hal senada disampaikan Reza sales Auto2000 di kawasan Jakarta Selatan, menuruntya selain isentif PPnBM masih ada diskon Rp5 juta untuk pembelian Fortuner yang berlaku untuk semua varian.

“Kalau di tempat saya untuk unit yang siap kirim tipe GR Sport warna putih hanya ada satu unit,” ujar Reza kepada Viva Otomotif.

Toyota Fortuner baru resmi mengaspal di Tanah Air pada 15 Oktober 2020 melalui PT Toyota Astra Motor. Mobil SUV itu hadir dengan beberapa pembaharuan, sehingga harga jualnya lebih mahal dari versi sebelumnya.

Dari eksterior ubahan yang siginfikan tejadi untuk semua tipe Fortuner baru adalah pada bagian depan, bumper, grill, lampu depan, dan velg. Untuk tipe GR Sport tampil lebih garang berkat penyematan body kit, dan sejumlah aksesori.

Toyota menanamkan fitur-fitur baru. Khusus varian VRZ, SRZ dan GR Sport saat ini sudah dilengkapi kick sensor untuk memudahkan membuka bagasi. Teknologi keamanan juga tersedia untuk semua tipe yang ada.

Di antaranya sensor yang dapat mendeteksi kendaraan dari sisi samping alias blind spot, lane departure warning, moving object detection dan headway monitoring warning. Khusus tipe GR dan VRZ telah dilengkapi wireless charging.

Soal pilihan mesin tetap sama dengan versi sebelumnya, yakni diesel berkapasitas 2.400cc dengan tenaga 149,6 PS dan torsi 400 Nm. Untuk mesin bensin kapasitasnya masih 2.700cc, yang mampu menyemburkan tenaga 163 PS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya