Ini Jadinya Jika Daihatsu Rocky Pakai Bensin Premium

Daihatsu Rocky.
Sumber :
  • Instagram Daihatsu Indonesia

VIVA – Pasar otomotif Indonesia pada April lalu diramaikan oleh kehadiran dua mobil baru, yang masuk dalam segmen compact sport utility vehicle atau SUV. Kendaraan yang dimaksud adalah Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Ini Mobil Andalan Pelatih Timnas Shin Tae-yong untuk Jalan-jalan di Indonesia

Keduanya sama-sama dibuat secara lokal di pabrik milik PT Astra Daihatsu Motor, yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Masing-masing model ditawarkan dalam dua pilihan mesin tiga silinder, yakni 1.000cc Turbo dan 1.200cc standar.

Mesin 1.000cc Turbo yang dipasang bisa menghasilkan tenaga 87 daya kuda dan torsi 112 Newton meter, sementara yang 1.200cc kemampuannya yakni 97 dk dan torsi 140 Nm.

Adu Laris Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport di 2024

Test drive Daihatsu Rocky 1.2L.

Photo :
  • Dok: ADM

Research and Development Testing Department Head ADM, Audi Tarantini mengatakan bahwa pihaknya menyarankan pemilik Daihatsu Rocky untuk menggunakan bahan bakar jenis bensin yang kualitasnya setara dengan Research Octane Number atau RON 92, seperti Pertamina Pertamax dan Shell Super.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 26 April 2024

“Bensin di Indonesia ada beragam, kami rekomendasi RON 92. Karena, itu terkait aturan emisi CO2 yang harus berapa persen,” ujarnya usai acara test drive Daihatsu Rocky 1.2L di Karawang, Jawa Barat, dikutip VIVA Otomotif Jumat 8 Oktober 2021.

Meski demikian, Audi menjelaskan bahwa pihaknya sudah sangat memahami karakter beberapa pengguna mobil di Indonesia yang masih memilih untuk membeli BBM yang harganya lebih murah.

“Sepengetahuan kami, bahan bakar Premium lebih favorit. Misalnya, di Makassar dan Manado itu orang memilih Premium. Di Lampung dan Medan juga Premium,” tuturnya.

Dengan adanya fakta tersebut, maka ADM merancang agar Daihatsu Rocky dapat diisi oleh semua jenis bensin sehingga pemilik tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu harus mengisinya dengan bensin yang berkualitas rendah.

“Ada knocking sensor, sehingga tidak akan ngelitik. Begitu ngelitik, mesin akan otomatis menyesuaikan waktu pembakaran, dibuat lebih lambat atau lebih cepat,” jelasnya.

Meski demikian, Audi mengungkapkan bahwa ada risiko yang harus ditanggung oleh pemilik Daihatsu Rocky yang memilih BBM jenis Premium, yakni timbunan kerak pada ruang bakar akan terjadi lebih banyak dan cepat.

“Yang berpengaruh pada RON itu CO2 dan kerak yang dihasilkan. Kalau pakai BBM dengan RON rendah, maka timbul kerak lebih cepat,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya