Lebih Canggih, Toyota Avanza Baru Berjalan Pakai Tenaga Listrik?

All New Toyota Avanza Veloz
Sumber :
  • Screenshoot Instagram

VIVA – Toyota dan Daihatsu sebagai brand aliansi asal Jepang sedang mempersiapkan sejumlah kejutan untuk mendukung era ramah lingkungan. Salah satunya menyematkan teknologi hybrid pada produk yang sudah dikenal.

BYD Minta Maaf Konsumen di Indonesia Belum Terima Unit, Ini Biang Keroknya

Menjadi strategi yang tepat jika mereka melakukan hal tersebut, pasalnya konsumen lebih mengenal mobil versi ramah lingkungan yang dipasarkan. Selain itu, pabrikan tidak membutuhkan ongkos besar untuk produksi.

Mengingat mobil yang disuntikan hybrid secara desain serupa dengan versi mesin pembakaran. Sehingga diduga tidak perlu biaya untuk riset khusus, atau membuat jalur produksi baru karena masih satu platform.

Mengecas Mobil Listrik Nantinya Cuma Butuh Waktu 10 Menit

Daihatsu Rocky Hybrid

Photo :
  • Creative311.com

Memanfaatkan aliansi, kedua brand raksasa itu memiliki tugas masing-masing dalam menyematkan hybrid untuk produknya. Daihatsu fokus membuat Rocky hybrid untuk pasar Jepang, yang artinya akan digunakan pada Raize.

BMW Cetak Sejarah Baru di Indonesia

Sedangkan Toyota digadang-gadang mengembangkan teknologi hybrid untuk Avanza dan tidak menutup kemungkinan akan digunakan juga pada Xenia. Namun belum ada informasi resmi terkait negara pertama yang menjualnya.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Creative311, Kamis 28 Oktober 2021, bocoran Rocky Hybrid lebih dulu muncul dibandingkan Avanza. Pertama kali terungkap melalui salah satu sales diler Daihatsu di negeri matahari terbit.

Mobil SUV atau Sport Utility Vehicle versi ramah lingkungan itu menggabungkan hybrid e-Smart dengan mesin bensin tiga silinder 1.200cc. Masih menurut sumber yang sama, Rocky bisa berjalan seutuhnya menggunakan tenaga listrik.

Jika melihat sistem kerjanya ternyata serupa dengan Nissan Kicks e-Power, di mana tugas mesin hanya sebagai genset yang akan hidup otomatis saat baterai membutuhkan daya. Sementara roda seutuhnya digerakkan dinamo alias motor listrik.

Rocky hybrid ditawarkan dua varian, yakni tipe X 1.2 dibanderol 2,116 ribu yen atau setara Rp270 jutaan, dan tipe G 1.2 harganya 2,350 ribu yen atau Rp300 jutaan. Hanya ada selisih sedikit dibandingkan varian standarnya.

Di Jepang, Rocky bermesin 1.200cc non turbo dijual mulai 1,667 ribu yen atau Rp213 jutaan untuk tipe L, sampai 2,050 ribu yen atau Rp262 jutaan. Lantas gimana dengan Avanza baru yang kabarnya juga disediakan versi hybrid?

Melalui informasi media Filipina, yaitu Autoindustriya, All New Avanza kabarnya menggunakan teknologi hybrid yang serupa dengan Rocky. Sehingga MPV atau Multi Purpose Vehicle itu bisa berjalan seutuhnya menggunakan tenaga listrik.

Namun belum ada informasi jelas terkait spesifikasi Avanza ramah lingkungan tersebut, dan waktu peluncurannya. Sementara Rocky Hybrid akan melantai pada November 2021 di Jepang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya