Pesona Mobil Lokal Berstandar Global Suzuki di GIIAS 2021

All New Suzuki Ertiga Sport FF
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Majunya industri otomotif sebuah negara bisa dilihat, dari koleksi mobil yang dipajang di pameran. Seperti ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2021, yang saat ini digelar di ICE BSD, Tangerang.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Acara tersebut tidak hanya sebagai tempat untuk meningkatkan angka penjualan saja, namun juga etalase dari konsep masing-masing pabrikan saat meracik kendaraan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Booth Suzuki di GIIAS 2021.

Photo :
  • Dok: SIS
Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Salah satu contohnya, seperti yang ada di booth Suzuki. Perusahaan asal Jepang itu memamerkan beberapa model terbaru mereka yang diproduksi di pabrik PT Suzuki Indomobil Motor di Cikarang, Jawa Barat.

Produk lokal menjadi andalan PT Suzuki Indomobil Sales, demi berkontribusi terhadap upaya pemulihan ekonomi nasional yang terkena dampak pandemi. Mereka juga berhasil membuktikan, bahwa mobil buatan dalam negeri tidak kalah bagus dari barang impor.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024

““Kinerja penjualan mobil Suzuki periode Januari-Oktober 2021 menunjukkan angka yang positif, dan didominasi oleh produk lokal yang berkontribusi sebanyak 93 persen untuk wholesales maupun retail sales,” ujar Assistant To 4W Sales Department Head PT SIS, Sukma Dewi di pameran GIIAS 2021, dikutip VIVA Otomotif Jumat 19 November 2021.

Dewi mencontohkan All New Suzuki Ertiga Sport FF, mobil keluarga yang masuk dalam segmen low multi purpose vehicle atau LMPV itu memiliki kandungan lokal tinggi sehingga bisa masuk dalam daftar penerima relaksasi pajak barang mewah atau PPnBM.

Demikian pula dengan Suzuki XL7, low sport utility vehicle atau LSUV berpenampilan gagah dan dibuat menggunakan platform Heartect. Hasilnya, bobot lebih ringan sehingga menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

Suzuki XL7 dipamerkan di GIIAS 2021

Photo :
  • Dok: SIS

Dewi menyampaikan, Suzuki juga memiliki New Suzuki Carry Pick Up yang menjadi kontributor utama penjualan nasional Suzuki tahun ini. Hal itu berkat konsep ILMU, yaitu Irit bensin dan perawatannya, Lama umur pakainya, Muat banyak dengan kapasitas maksimal satu ton, dan Untung di ujung karena memiliki harga jual kembali yang tinggi.

Tiga mobil buatan lokal itu juga menyumbang nilai ekspor bagi negara, karena dikapalkan ke puluhan negara di seluruh dunia. Mulai dari wilayah Asia Tenggara, hingga Timur Tengah.

“Satu tahun ini kami harapkan berlanjut untuk menambah destinasi di Timur Tengah. Sebelumnya sudah ada Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kuwait, Qatar. Model yg banyak diminta adalah New Carry,” tutur Head of 4 Wheel Export PT SIM, Domu Arisanto.

Selain memajang mobil lokal berstandar global, Suzuki juga menggelar berbagai promo untuk memudahkan pengunjung memiliki kendaraan. Mulai dari gratis biaya administrasi, bunga rendah, potongan dua kali angsuran, cashback hingga Rp3 juta, serta khusus untuk pembelian All New Ertiga Suzuki Sport FF dan XL7 cukup membayar down payment sebesar 10 persen.

“GIIAS selalu menjadi indikator perkembangan industri otomotif nasional. Selama pameran GIIAS 2021 dilaksanakan, kami menghadirkan produk baru yaitu All New Ertiga Suzuki Sport FF dan juga menawarkan beragam promo spesial menarik bagi pengunjung,” ungkap 4W Marketing Director PT SIS, Donny Saputra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya