Kemenhub Hadirkan Bus BTS di Banyumas

Teman Bus Kemenhub.
Teman Bus Kemenhub.
Sumber :
  • Dok: Ditjen Hubdat Kemenhub

VIVA – Bukan hanya di perkotaan, masyarakat yang tinggal di daerah juga masih banyak yang memanfaatkan layanan dari transportasi umum. Hal itu mendorong Kementerian Perhubungan atau Kemenhub, untuk mengadakan program Teman Bus.

Pada bulan ini, Kabupaten Banyumas menjadi kota ke-7 yang dilayani oleh Teman Bus dan menjadi kota kedua di tahun ini yang mendapatkan fasilitas tersebut. Skema yang diterapkan kepada para pengguna yakni Buy The Service atau BTS.

“Banyumas termasuk ke dalam lima daerah yang telah disiapkan sistem BTS oleh Kementerian Perhubungan,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Senin 6 Desember 2021.

Budi menuturkan, hasil penelitian yang dilakukan oleh tim independen menunjukkan bahwa masyarakat di wilayah Banyumas dan sekitarnya sudah lama terbiasa menggunakan bus untuk bepergian.

Teman Bus Kemenhub.

Teman Bus Kemenhub.

Photo :
  • Dok: Ditjen Hubdat Kemenhub

“Hasil evaluasi, penelitian, dan kajian yang dilakukan oleh tim independen dipimpin oleh pakar transportasi, Djoko Setijowarno memperlihatkan masyarakat Banyumas masih familiar dengan angkutan umum,” tuturnya.

Teman Bus di kabupaten Banyumas akan melayani tiga koridor, yakni:
1. Koridor 1: Pasar Pon - Terminal Ajibarang. Dalam jarak tempuh PP 39 km.
2. Koridor 2: Terminal Notog - Terminal Baturaden Bawah. Dalam jarak tempuh 48 km.
3. Koridor 3: Terminal Kebon Dalem - Terminal Bulupitu. Dalam jarak tempuh 47 km.