Mobil Baru Rp120 Jutaan Ini Bensinnya Irit Banget

Mazda Carol edisi 2022
Sumber :
  • Gaadiwaadi

VIVA – Setiap orang tentu ingin bisa memiliki mobil yang konsumsi bahan bakarnya irit, dan dibeli dengan harga yang terjangkau. Hal itu tidak hanya jadi impian di Indonesia saja, namun juga bagi masyarakat Jepang.

Detik-detik Begal Taksi Online di Jakbar Gagal Gegara Portal Komplek Ditutup Semua

Itu sebabnya kemudian muncul kendaraan yang diberi nama Kei Car, yakni low cost green car atau LCGC versi Negeri Matahari Terbit yang sudah diterapkan sejak era 1950-an.

Kei Car menjadi favorit warga Jepang, karena biaya produksinya cuma sepertiga dari model standar dan pembeli mendapatkan insentif pajak serta asuransi.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Salah satu pabrikan otomotif yang menawarkan Kei Car adalah Mazda, dengan produk yang diberi nama Mazda Carol. Dilansir VIVA Otomotif dari laman Gaadiwaadi, Jumat 31 Desember 2021, kendaraan ini memiliki desain yang sama seperti Suzuki Alto.

Mazda Carol edisi 2022

Photo :
  • Dok: Mazda
Neta L Resmi Mengaspal, Ini Spesifikasinya

Hal itu rupanya bukan sebuah kebetulan, karena memang kedua merek menjalin kerja sama untuk produk tersebut. Satu-satunya perbedaan yang bisa dilihat, yakni pada bagian logo.

Generasi terbaru dari Mazda Carol juga sama persis dengan Suzuki Alto edisi terbaru, yang memiliki dimensi panjang 3.395 milimeter, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.525 mm.

Ada yang unik dari Carol edisi 2022, di mana Mazda menyediakan tiga varian yang dua di antaranya memakai mesin hybrid. Sesuai aturan Kei Car, kapasitas mesin dibatasi hanya 660cc dan milik Carol bisa menghasilkan tenaga 48 daya kuda.

Dengan adanya sistem hybrid, maka konsumsi bensin mobil tersebut bisa mencapai 27 kilometer per liter. Mazda Carol ditawarkan dengan harga mulai dari 998 ribu Yen, atau setara Rp123 jutaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya