Baru Dijual 4 Hari, Mobil SUV Ini Laku Keras

Huawei Aito M5
Sumber :

VIVA – Kehadiran mobil baru selalu menarik minat banyak orang, baik untuk sekadar melihat fitur yang ditawarkan maupun membeli guna keperluan sehari-hari.

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

Apalagi jika kendaraan tersebut menjadi produk dari sebuah perusahaan, yang sebelumnya tidak memiliki pengalaman banyak dalam bidang otomotif.

Seperti yang dialami oleh Huawei, pabrikan elektronik asal China itu pada akhir tahun kemarin baru saja meluncurkan mobil kedua mereka yang diberi nama Aito M5.

GAC Aion Jual 1 Juta Mobil Listrik dalam Waktu Relatif Singkat

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Cartoq, Selasa 11 Januari 2022, Aito M5 mengusung desain sport utility vehicle atau SUV, yang saat ini sedang jadi tren di banyak negara.

Huawei Aito M5

Photo :
  • Inputmag
Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Model tersebut dihadirkan oleh Huawei, bekerja sama dengan merek otomotif Seres yang merupakan anak perusahaan dari Chongqing Sokon. Mobil pertama mereka, SF5 pernah dipamerkan di Indonesia pada ajang GIIAS 2021.

Huawei menyatakan, bahwa Aito M5 bakal menjadi pesaing utama dari SUV Porsche Macan dan Tesla Model Y. Bentuk eksterior dari mobil dengan dimensi panjang 4,7 meter ini, terlihat kekar dan tangguh sehingga menarik banyak perhatian.

Bagian depannya didominasi oleh grille, yang dibuat melintang dan dihiasi lampu utama berteknologi Light Emitting Diode atau LED. Dua penerangan Daytime Running Light alias DRL, dipasang vertikal di sisi kiri dan kanan bumper.

Bukan Huawei namanya, jika tidak menonjolkan keunggulan mereka dalam bidang pembuatan peranti elektronik. Hal ini bisa ilihat di kabin, di mana ada layar sentuh berukuran 15 inci yang pengaturannya menggunakan sistem operasi Huawei HarmonyOS.

Pengemudi juga dimanjakan layar LCD berukuran 10,4 inci, yang bisa menampilkan banyak informasi seperti kondisi kendaraan serta peta nvigasi. Sistem komputer yang dipasang juga dapat memantau kondisi lelah, serta dapat mengenali perintah berbasis suara.

Jantung pacunya memakai konfigurasi hybrid, mesin 1.500cc berfungsi sebagai generator listrik yang akan mengisi baterai. Penggerak utamanya mengandalkan motor berkekuatan 204 daya kuda, dan mobil ini bisa menempu jarak lebih dari 1.100 kilometer.

Huawei Aito M5 ditawarkan dengan harga 250 ribu Yuan atau setara Rp560 juta, dan selama empat hari sejak diluncurkan sudah dipesan lebih dari 6.500 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya