Puluhan Ribu Unit Mobil Gagah Buatan RI Laku di Luar Negeri

Ekspor mobil buatan Toyota Indonesia.
Sumber :
  • Dok: TMMIN

VIVA – Presiden Jokowi menyatakan kebanggaannya, melihat jumlah mobil buatan Indonesia yang diekspor ke luar negeri pada tahun ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Potensi Besar Ekspor Seafood RI, Aruna Pede Bidik Pasar Global

Hal itu ia ungkapkan, saat meninjau Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat yang menjadi basis pengiriman kendaraan ke berbagai negara.

“Saya senang melihat ekspor mobil terus bergerak. Sebelumnya, direncanakan tahun ini ada 160 ribu unit mobil yang dikirim ke luar negeri. Tapi, melihat data tiga bulan ini maka angkanya naik jadi 180 ribu unit,” ujarnya kemarin.

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

Berdasarkan informasi dari PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia atau TMMIN, tahun ini pabrikan otomotif asal Jepang itu menargetkan ekspor mobil di angka 284 ribu unit.

Ekspor mobil di Pelabuhan Patimban.

Photo :
  • Istimewa
BYD Indonesia Bangun Diler Mewah di Kawasan Cibubur

Jumlah tersebut lebih besar 51 persen dibandingkan pencapaian angka ekspor di tahun lalu, yang besarnya 188 ribu unit atau naik sekitar 96 ribu unit. Uniknya, sekitar 50 persen dari kenaikan itu disumbangkan oleh kinerja ekspor model baru Toyota Veloz.

Ekspor otomotif Toyota Indonesia yang dikapalkan hingga empat benua, sepanjang Januari dan Februari tahun ini telah mencapai 44 ribu unit. Jumlah itu lebih besar 31 persen dari tahun lalu, bahkan meningkat hingga 44 persen dibandingkan dengan pencapaian di 2019 sebelum masa pandemi.

“Awal tahun ini, kinerja ekspor otomotif Toyota Indonesia berhasil melalui tantangan dengan memperoleh pencapaian melampaui masa sebelum pandemi,” ujar Direktur Corporate Affairs TMMIN, Bob Azam melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Rabu 9 Maret 2022.

Dari semua model mobil yang dikirim TMMIN ke pasar luar negeri, jenis Sport Utility Vehicle seperti Toyota Rush, Toyota Fortuner dan Toyota Raize menempati urutan pertama di dua bulan pertama tahun ini dengan angka 22.300 unit.

Berikutnya adalah Multi Purpose Vehicle atau MPV, yang diisi oleh model Avanza, Veloz, Sienta, Innova, serta Lite Ace dengan jumlah ekspor 11.800 unit. Kemudian diikuti oleh kategori sedan, hatchback dan Low Cost Green Car atau LCGC seperti Vios, Yaris dan Agya sebanyak 9.900 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya