Mengejutkan Isi Garasi Bambang Susantono, Kepala Ibu Kota Baru

Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono.
Sumber :
  • Tangkapan layar.

VIVA – Presiden Jokowi memilih Bambang Susantono sebagai Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara dengan masa jabatan 2022-2027, yang isandingkan dengan Donny Rajahoe sebagai wakilnya.

Mengintip Isi Garasi Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih Prabowo-Gibran

Bambang Susantono bukan orang baru dalam pemerintahan. Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara, dikutip VIVA Otomotif Kamis 10 Maret 2022, pada 9 November 2012 dia menjabat Wakil Menteri Perhubungan periode 2009-2014.

Saat itu harta kekayaannya mencapai Rp3,168 miliar ditambah 42 ribu ribu dolar Amerika Serikat. Aset terbesar yang dimiliki Bambang adalah tanah, dan bangunan senilai Rp1,805 miliar, kemudian harta bergerak lainnya Rp508 juta.

Punya Harta Rp23 M, Intip Koleksi Kendaraan Ridwan Kamil yang Ditugaskan Maju Pilgub Jakarta

Nissan Serena Highway Star

Photo :
  • thecar.com

Sedangkan koleksi kendaraan di dalam garasinya cukup mengejutkan. Mantan Komisaris Utama Garuda Indonesia itu memiliki tiga unit mobil, satu sepeda motor, dan lima sepeda, namun secara total nilainya hanya Rp418,500 juta.

Mengejutkan Isi Garasi Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor yang Resmi Jadi Tersangka KPK

Artinya kendaraan yang dimilikinya bukan tergolong mewah. Bahkan mobil termahalnya hanya Nissan Serena lansiran 2009 dengan harga jual saat itu Rp200 juta. Diketahui, MPV atau Multi Purpose Vehicle itu adalah generasi kedua.

Merangkum dari beberapa sumber, Nissan Serena pertama kali masuk ke pasar Indonesia pada 1996 dengan kode bodi C23. Generasi pertamanya masih berstatus impor, hingga akhirnya pada 2004 model terbarunya diproduksi lokal.

Nissan Serena yang dibuat di dalam negeri sudah memasuki generasi kedua dengan kode bodi C24, mobil MPV pintu geser itu serupa dengan milik Kepala Ibu Kota Nusantara, karena diproduksi sampai 2012.

Ditawarkan dalam beberapa varian dengan desain yang lebih moderen. Fiturnya juga ditambah, seperti kamera mundur, elektrik siliding door, dan layar hiburan untuk penumpang belakang. Jantung pacunya berkapasitas 2.000cc.

Berdasarkan platform jual beli online, harga bekas mobil pesaing Toyota Nav1 tersebut hanya Rp90 jutaan, tergantung kondisi, dan tipe. Selain Nissan Serena, diketahui Bambang Susantono juga memiliki Honda Accord.

Sedan kelas menengah atas itu diproduksi pada 2001 senilai Rp80 juta, dan mobil ketiganya adalah Toyota Rush dengan tahun produksi 2010, harganya Rp115 juta.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya