Biaya Perawatan Suzuki XL7 Cuma Rp50 per Kilometer

Suzuki XL7 dipamerkan di Jakarta Auto Week 2022
Sumber :
  • Dok: SIS

VIVA – Dua tahun lalu, Suzuki Indonesia resmi meluncurkan sport utility vehicle baru di Indonesia. Mobil yang dimaksud adalah XL7, yang hadir dalam tiga varian yaitu Alpha, Beta dan Zeta.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Mobil yang dapat menampung tujuh orang ini dibekali mesin empat silinder berkapasitas 1.462cc tipe K15B, sama seperti All New Ertiga, New Carry dan Jimny. Dimensi XL7 yakni panjang 4.450 milimeter, lebar 1.775 mm, tinggi 1.710 mm, serta jarak sumbu roda 2.740 mm. Jarak terendah ke tanahnya 200 mm.

Meski menjadi varian terendah, bukan berarti XL7 Zeta minim fitur. Lampu depannya berteknologi light emitting diode atau LED yang terang tapi tidak menyilaukan, serta irit dalam pemakaian listrik. Untuk membantu pengemudi, sudah tersedia sensor dan kamera parkir.

Bukan Jakarta, Ini Kota Pertama yang Mulai Jadikan Suzuki Carry Sebagai Mobil Angkot

Pada tipe tertinggi yakni Suzuki XL7 Alpha, ada satu fitur yang tidak ditemukan di mobil pesaingnya, yakni Smart E-Mirror. Ini merupakan spion tengah, yang bisa berfungsi untuk merekam kejadian pada sisi depan maupun sisi belakang mobil secara langsung.

Suzuki XL7 dipamerkan di Jakarta Auto Week 2022

Photo :
  • Dok: SIS
Mobil Angkot Andalan Masyarakat Ini Segera Berusia Emas

Tampilannya yang gagah, sesuai dengan kemampuannya saat dibawa melintas medan sulit. Hal itu berkat jarak terendah ke tanah sebesar 200 mm, serta pelek 16 inci dengan ban 195/60.

Keamanan selama perjalanan juga ditunjang oleh kehadiran fitur Anti-lock Braking System dan Electronic Brakeforce Distribution, dua kantung udara, Hill Hold Control, Electronic Stability Programme, serta immobilizer.

Beragam fitur canggih yang disematkan, ternyata tidak membuat biaya perawatan XL7 menjadi mahal. Hal itu diungkapkan oleh Head of Service Department PT Suzuki Indomobil Sales, Riecky Patrayudha.

“Hingga 50 ribu kilometer atau penggunaan selama 2,5 tahun, pelanggan tidak perlu membayar biaya servis dan suku cadang, semuanya bebas biaya. Hingga 100 ribu km atau lima tahun kepemilikan XL7, hitungannya konsumen hanya mengeluarkan sekitar Rp3.800 per hari,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Selasa 15 Maret 2022.

Menurut data dari SIS, total biaya yang harus dikeluarkan pemilik Suzuki XL7 mulai 60 ribu km sampai 100 ribu km yakni sebesar Rp5.069.750. Apabila dibagi dengan jarak tempuh, maka per kilometernya hanya sekitar Rp50.

Sebagai informasi, selama pameran Jakarta Auto Week 2022 yang diadakan hingga 20 Maret mendatang di JCC Senayan, Suzuki XL7 ditawarkan dengan banyak promo. Mulai dari insentif PPnBM 50 persen, potongan harga Rp2 juta untuk tipe Zeta dan Beta, hingga cashback tambahan Rp4 juta jika tukar tambah di AutoValue.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya