Toyota Investasi Besar-Besaran untuk Kendaraan Listrik

Logo Toyota
Sumber :
  • VIVA/Purna Karyanto

VIVA – Baru-baru ini Toyota dikabarkan akan mengeluarkan produk mobil baru yang ditenagai listrik. Perusahaan asal Jepang tersebut telah mengumumkan akan berinvestasi dalam jumlah besar, dem menghadirkan kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Dikutip VIVA Otomotif dari Carscoops, Selasa 10 Mei 2022, di India perusahaan tersebut telah mengumumkan pada Sabtu lalu bahwa mereka akan berinvestasi sebesar 4.800 Crore atau sekitar Rp988 miliar. Nantinya, uang tersebut akan digunakan untuk memproduksi suku cadang tenaga listrik dan komponen yang diperlukan secara lokal.

Mobil listrik Toyota Suzuki

Photo :
GAC Aion Jual 1 Juta Mobil Listrik dalam Waktu Relatif Singkat

Diketahui, Toyota di India telah mendatangani MoU dengan pemerintah untuk investasi tersebut. Hal itu memperkuat mereka dalam memudahkan produksi kendaraan listrik terbarunya. Oleh karena itu, perusahaan rela untuk berinvestasi dalam jumlah skala besar pada kebutuhan domestik dan pasar global.

Selain itu, perusahaan menyatakan bahwa rencana ini juga untuk mempromosikan teknologi yang lebih ramah lingkungan kepada konsumen. Mereka mengklaim nantinya produk barunya ini akan membantu menurunkan ketergantungan pada bahan bakar fosil dan mengurangi emisi karbon.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Bahkan dalam komitmennya, perusahaan itu juga akan membuat pabrik dengan fasilitas manufaktur utama di wilayah Barata. Langkah ini sebagai upaya peningkatan kandungan lokal dan menaikkan kesempatan kerja bagi warga.

Terkait produk terbarunya, perusahaan disebut-sebut bakal membuat mobil SUV medium dengan mesin yang lebih baik efisiensinya.

Banyak konsumen setia yang menunggu kehadiran mobil SUV baru dari Toyota dengan tenaga listrik. Oleh karenanya, perusahaan mengatakan akan mulai memproduksi kendaraan tersebut pada 2025 mendatang.

Sedikit informasi, model barunya tersebut digadang-gadang akan lebih lebar dan panjang dari pada Hyundai Creta. Sebagai mobil listrik baru, nantinya Toyota akan menggunakan baterai sebesar 48 kWh dengan perkiraan jarak tempuh 400-500 kilometer dalam sekali pengisian daya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya