Daihatsu Nurut Sama Toyota soal Mobil Listrik di Indonesia

Daihatsu Rocky di Jakarta Auto Week 2022
Sumber :
  • Dok: Seven Event

VIVA –  Perkembangan mobil listrik di Indonesia sudah semakin berkembang dengan baik. Banyak perusahaan pun sudah mempersiapkan strategi dan juga kendaraan listriknya guna mendukung industri elektrifikasi di Tanah Air.

Ajak Jalan Wuling Cloud EV di Perkotaan, Tetap Nyaman di Tengah Kemacetan

Pemerintah sendiri sudah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) No.55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan dirilis sebagai pembuka pintu gerbang menuju era kendaraan listrik.

Bicara soal mobil hybrid dan listrik di Indonesia, Daihatsu sendiri sebagai anak perusahaan dari Toyota Group akan ikut dengan strategi dari Toyota. Di mana, Toyota akan segera merilis mobil ramah lingkungan.

Mengenal Komponen ICCU yang Bikin Hyundai Recall Ioniq 5 dan Ioniq 6

Toyota diprediksi akan ramaikan mobil hybrid dengan harga terjangkau lewat Kijang Innova Hybrid. Maka itu, Daihatsu akan ikuti semua strategi yang dibuat oleh Toyota.

"Pada dasarnya bagian dari Toyota Group, Daihatsu ikut semua strateginya. Apa yang Toyota sudah gariskan, kami bagian dari group akan ikut," ujar Direktur Marketing dan Direktur Corporate Planning & Communication PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sri Agung Handayani, di Serpong Tangerang, beberapa waktu lalu.

Hyundai Indonesia Recall Ioniq 5 dan Ioniq 6

Toyota Innova EV.

Photo :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

Kijang Innova Hybrid sendiri diprediksi bakal dirilis dalam ajang International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2022. Selain itu ada juga Innova yang sudah dibuat full listrik dan dipamerkan di IIMS 2022 walau statusnya sendiri masih untuk studi.

Menurut Agung, Toyota Group sudah mempersiapkan rencana yang cukup baik untuk memasuki era kendaraan listrik di Indonesia. Sedangkan Daihatsu untuk ke depannya akan turut menyesuaikan semuanya.

"Jadi nanti bukan cuma BEV. Tapi semua sudah segaris dari Toyota Group. Kami di sini tidak bisa banyak bicara karena semua kebijakan dari TMC (Toyota Motor Corporations/TMC)," tutup Sri Agung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya