Mobil Baru Ini Harganya Cuma Rp70 Jutaan

Mobil listrik PMV Ease-E.
Sumber :
  • Cartoq

VIVA – Mobil yang dijual dengan harga terjangkau, masih menarik minat masyarakat yang tinggal di beberapa negara. Salah satunya India, di mana kendaraan pribadi yang dijual murah laku bak kacang goreng.

Peran Besar Teknologi AI dalam Pengembangan Kendaraan Listrik

Besarnya pasar mobil murah, membuat perusahaan PMV Electric asal Negeri Hindustan memutuskan untuk ikut meramaikannya dengan menghadirkan kendaraan mungil yang diberi nama Ease-E.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Cartoq, Kamis 9 Juni 2022, mobil tersebut memiiki dimensi seperti kendaraan buatan Wuling yang sudah terjual 600 ribu unit di China, yakni Mini EV.

Elon Musk Tersenyum Lebar, Mobil Listrik China Siap-siap Digusur Tesla

Sama seperti Wuling, PMV Electric juga menyematkan teknologi elektrifikasi pada Ease-E agar tidak menghasilkan emisi gas buang sama sekali. Hal ini dilakukan, demi membantu pemerintah India mengatasi polusi udara yang semakin parah di negara tersebut.

Mobil listrik PMV Ease-E.

Photo :
  • Cartoq
Berkat Timnas Indonesia, Koleksi Mobil Shin Tae-yong Makin Mewah dengan Harga Miliaran

Menurut pendiri perusahaan, Kalpit Patel, nantinya mobil listrik baru itu akan mulai diproduksi secara lokal di India dan dipasarkan pada Juli mendatang. Harga jualnya yakni sekitar 400 ribu Rupee, atau setara Rp70 jutaan.

Berbeda dengan Mini EV yang bisa menampung dua orang dewasa dan dua anak-anak, Ease-E hanya menyediakan dua kursi saja dengan konfigurasi satu di depan dan satu di belakang.

Desain mobil ini dibuat agak kotak, dan dibekali lampu daytime running light atau DRL di bagian depan. Rodanya memakai ukuran 13 inci, agar proporsional dengan bodi.

Fitur yang disematkan cukup lengkap, mulai dari panel instrumen LCD, sistem audio layar sentuh, sensor parkir, hingga penyejuk udara. dan cruise control.

Jantung pacunya mengandalkan motor listrik berkekuatan 15 kilo Watt atau setara 20 daya kuda, yang dipasang di depan dan bisa membuat mobil meluncur hingga kecepatan 70 kilometer per jam.

Sumber tenaga berasal dari baterai Lithium iron phosphate berdaya 10 kilo Watt hours, yang bisa menyimpan daya listrik cukup untuk menempuh jarak 120 km.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya