Toyota Beberkan Penjualan Mobil Awal Tahun Ini

Booth Toyota di Jakarta Auto Week 2022
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Toyota merupakan salah satu perusahaan otomotif asal Jepang, yang terbesar di dunia. Melalui PT Toyota Astra Motor dan Auto2000, mereka hadir dalam menjual berbagai unit produk di Indonesia.

Adu Laris Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport di 2024

Mereka telah menjual berbagai produk, mulai dari jenis SUV hingga MPV kepada para pelanggan setianya di tahun ini. Lantas, bagaimana hasil penjualan mereka di Indonesia selama setengah tahun ini?

National Sales Division Head Auto2000, Yagimin mengatakan untuk awal tahun ini pihaknya telah menjual kendaraan cukup baik, bahkan mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. Ada juga program pemerintah yang membantu penjualan, salah satunya relaksasi pajak barang mewah atau PPnBM.

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

“Kalau penjualan ya cukup baik, artinya dibandingkan tahun lalu kami ada growth yang cukup signifikan dan salah satunya karena di kuartal satu kita masih diberikan relaksasi PPnBM,” ujar Yagimin di Jakarta, dikutip Jumat 8 Juni 2022.

Booth Toyota di IIMS 2022

Photo :
  • Dok: TAM
Mau Beli Avanza atau Veloz Bekas, Segini Harga dan Pajak Tahunannya

Diketahui, pada tahun lalu pemerintah mengadakan program insentif PPnBM, sebuah diskon pajak penjualan barang mewah yang ditanggung oleh pemerintah.

“Sebab kebetulan kan di Toyota sendiri ada produk mendapatkan PPnBM yaitu LCGC, tipe Avanza G dan E di varian 1,2 dan 1,5. Mobil tersebut mengalami peningkatan. Kemudian juga kondisi ekonomi rasanya juga cukup baik ya, pertumbuhannya sesuai harapan dari estimasi kami dan juga melihat situasi sekarang nyatanya cukup optimis,” tambahnya.

Untuk perihal data dan angka penjualan bermotor biasanya di market Tanah Air yang bulan Juni 2022 masih didata oleh Gaikindo, dan belum diumumkan. Namun, Yagimin memberitahu untuk Toyota ini mengalami peningkatan di atas dua digit.

“Pertumbuhannya secara total, pasar otomotif di Indonesia itu kan untuk yang Juni 2022 masih di-recap oleh Gaikindo ya. Kalau di kami sendiri, dibandingkan tahun lalu naiknya di atas dua digit,” jelasnya.

Sedikit informasi, mereka sedang berencana untuk memperluas pasar di Tanah Air agar para pelanggan setianya mendapatkan produk yang diinginkan.

“Kami sebagai diler Toyota sedang berusaha bagaimana cara agar meningkatkan pangsa pasar, untuk menjaring pelanggan kami,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya