Jadi Pesaing Tesla, Begini Penampakan Mobil Sedan Pertama Hyundai

Ilustrasi gambar mobil Hyundai Ioniq 6
Sumber :
  • Hyundai

VIVA Otomotif – Hyundai Motor Company baru saja meluncurkan produk baru berupa sedan listrik di pasar otomotif. Kendaraan itu mengarah pada varian Ioniq 6, dengan tampilan baru dan fitur canggih.

Hyundai Indonesia Recalls Ioniq 5 and Ioniq 6 Over ICCU Software Update

Desain dari kendaraan ramah lingkungan itu sangat berbeda dengan versi sebelumnya yakni Ioniq 5. Perusahaan asal Korea Selatan itu memberitahu, desain mobil baru ini terinspirasi oleh Hyundai Prophecy EV Concecpt.

Nantinya, mobil EV ini akan bersaing dengan beberapa model dari merek dagang lain, salah satunya Tesla. Diketahui, perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk itu memproduksi kendaraan jenis sedan berbasis listrik.

Ajak Jalan Wuling Cloud EV di Perkotaan, Tetap Nyaman di Tengah Kemacetan

"Ioniq 6 akan mampu bersaing dengan Tesla di sektor sedan EV, mengingat desain yang baru dan harga yang kompetitif dan jarak tempuh yang ditawarkan oleh mobil ini," ujar seorang analisis di Eugene Investment dan Securities, Lee Jae-il, dikutip dari AsiaOne, Jumat 15 Juli 2022.

Ilustrasi gambar interior mobil Hyundai Ioniq 6

Photo :
  • Hyundai
Mengenal Komponen ICCU yang Bikin Hyundai Recall Ioniq 5 dan Ioniq 6

Secara tampilan, Ioniq 6 ini mengusung desain yang aerodinamis dengan garis-garis pada bagian bodi. Ditambah mobil ini mengintergrasikan lebih dari 700 Piksel Parametirik di berbagai tempat mulai dari lampu depan, sensor bawah, dan hiasan ventilasi udara.

Pindah bagian interior, kendaraan EV ini menampilkan kursi pengemudi yang dapat direbahkan dan banyak pilihan personalisai, termasuk layar infotainment sentuh 12 inci dan layar instrumen digital 12 inci. Bagian konsol tengah pun menyediakan tempat penyimpanan barang yang lebih banyak.

Menariknya, mobil sedan listrik ini memberikan penerangan yang dapat dipilih dari spektrum 64 warna dan enam tema warna ganda yang dikembangkan oleh pakar warna untuk membantu pengemudi dan penumpang agar santai dan nyaman. Ditambah, adanya lampu piksel interaktif empat titik di roda kemudi untuk memudahkan komunikasi.

Bicara soal sumber penggerak, Ioniq 6 ini mengusung dua ukuran baterai yakni 53 kWh dan 77,4 kWh. Motor listriknya mampu menghasilkan tenaga sebesar 225 daya kuda, dengan torsi mencapai 446 Newton meter. Hyundai mengklaim mobil ini mampu menempuh jarak 610 km, sekali pengisian baterai.

Sebagai mobil listrik, semua model dari mobil ini akan dilengkapi dengan perangkat keras pengisian 800 Volt. Adanya perangkat tersebut, model ini dapat mengisi ulang baterai dari 10 persen hingga 80 persen dalam waktu 18 menit, saat terhubung ke pengisian daya 350 kW.

Sebagai tambahan informasi, Hyundai memberitahu bahwa harga satu unit Ioniq 6 ini akan berkisar 55 juta won atau setara Rp623 jutaan pada varian terendah. Sementara untuk varian tertinggi seharga 65 juta won atau Rp744 jutaan yang ditawarkan di pasar Korea Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya