All New Hyundai Santa Fe Sudah Bisa Dipesan, Siap Bikin Pajero Sport Ketar-ketir

VIVA Otomotif: Hyundai All New Santa Fe 2023
Sumber :
  • Dok: Hyundai

Jakarta – PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) akan meluncurkan banyak mobil baru di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2024 yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang, pada 18-28 Juli.

Terpopuler: Xpander Baru Lebih Irit, Mobil Terlaris di Indonesia Rp100 Jutaan

Salah satu mobil baru yang mereka siapkan untuk pameran otomotif tahunan itu adalah All New Hyundai Santa Fe. Bahkan diler secara terang-terangan membuka pemesanan mobil SUV (Sport Utility Vehicle) baru itu.

Hyundai Santa Fe tertangkap kamera lagi tes jalan

Photo :
  • TikTok
Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 18 Mei 2024

“Bisa pesan sekarang kalau minat Santa Fe terbaru. Harganya pasti berubah dari yang model sekarang, kan perubahannya banyak,” ujar salah satu sales diler yang enggan disebut namanya kepada Viva Otomotif, Senin 6 Mei 2024.

Bahkan sebelum resmi dijual di Indonesia, Santa Fe generasi terbaru sudah berseliweran di jalan raya dalam proses uji coba, acap kali penampakannya tertangkap kamera dengan selubung kamuflase.

Bukti Banyak Orang Tajir di RI, Mobil Miliaran Rupiah Ini Terjual Ribuan Unit

Santa Fe terbaru memiliki desain yang cukup radikal dibandingkan versi sebelumnya yang masuk RI sejak 2021. Desain eksteriornya yang boksi dengan banyak lekukan patah di setiap sudutnya sangat mencuri perhatian.

Bodinya tampak kaku sekilas mirip Land Rover, atau mobil-mobil SUV di pasar Amerika Serikat yang cendrung bongsor, dan gagah. Lampu utamanya sudah proyektor LED dilengkapi DRL (daytime running light)

Meski terlihat besar, panjangnya tidak melebihi Palisade, hanya 4.830 mili meter, lebar 1.900 mm, dan tinggi 1.720 mm. Tapi  lebih panjang 45 mm, lebih tinggi 10 mm, dan wheelbase lebih panjang 50 mm dari versi sebelumnya.

Mesin SUV besutan Korea Selatan itu terdapat dua pilihan di pasar global. Pertama, ada mesin bensin 2.500cc turbo berkode Theta III dengan tenaga maksimal 281 PS, dan torsi 421 Nm, berpenggerak empat roda.

Sedangkan pilihan keduanya dibuat ramah lingkungan dengan menggabungkan mesin 1.600cc turbo dengan motor listrik, alias hybrid. Tenaganya disalurkan melalui transmisi matik 6-percepatan ke roda depan.

Tidak ada informasi terkait varian mana yang akan dijual di Indonesia, namun kehadiran All New Santa Fe di Indonesia bisa bikin mobil-mobil SUV Jepang sekelasnya ketar-ketir, seperti Pajero Sport, atau Fortuner.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya