Ada Kabar Gembira untuk Pemesan Wuling Air ev

Menko Perekonomian, Airlangga mencoba mobil listrik Wuling Air ev.
Menko Perekonomian, Airlangga mencoba mobil listrik Wuling Air ev.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Otomotif – Pasar otomotif Indonesia dalam waktu dekat akan diramaikan oleh mobil baru, yakni Wuling Air ev. Berbeda dari kendaraan pada umumnya, model ini menggunakan energi listrik sebagai sumber tenaga.

Wuling Motors sudah mulai mengenalkan model ini sejak beberapa waktu lalu, dan pada hari ini mereka resmi meluncurkan unit perdananya.

Wuling Air ev menjadi salah satu mobil listrik, yang diproduksi secara lokal di pabrik PT SGMW Motor Indonesia yang berlokasi di Cikarang Jawa Barat.

Pada proses peluncuran produk perdana, turut hadir Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto membubuhkan tanda tangan di Wuling Air ev

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto membubuhkan tanda tangan di Wuling Air ev

Photo :
  • Dok: Wuling Motors

Menko Airlangga menuturkan, komitmen Wuling menghadirkan mobil listrik berbasis baterai dalam waktu cukup singkat membuktikan bahwa kebijakan yang diambil oleh pemerintah dalam hal pemberian fasilitas kepada perusahaan otomotif yang mau mengembangkan EV sudah sangat tepat.

“Ini produksi dan peluncuran perdana di Indonesia, belum ada di negara lain. Kami apresiasi ini adalah kendaraan EV (electric vehicle) yang diproduksi secara nasional, dan tidak minta macam-macam. Jadi, langsung diproduksi saja,” ujarnya di lokasi, dikutip Senin 8 Agustus 2022.

Brand and Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani menuturkan saat ini kapasitas produksi untuk Wuling Air ev ditargetkan sebanyak 10 ribu unit per tahun dan seluruhnya dialokasikan untuk pasar nasional.

“Kami lihat banyak sekali negara-negara yang tertarik untuk memasarkan Wuling Air ev, tapi saat ini kami masih fokus pada pasar Indonesia,” tutur Dian.

Dian mengaku, saat ini pihaknya sudah menerima surat pemesanan kendaraan lebih dari ribuan lembar. Meski demikian, angka pastinya baru akan diungkap di pameran GIIAS 2022, yang bakal digelar tiga hari lagi.

Sementara itu, Wakil Presiden Direktur SGMW Motor Indonesia, Han Dehong menjelaskan bahwa pihaknya akan mulai mengirim unit pesanan konsumen pada akhir bulan ini.

“Akhir Agustus atau awal September mobil ini sudah bisa sampai ke konsumen,” jelasnya.