Ada Satu Lagi Mobil Listrik yang Bakal Dibuat di Indonesia

Daihatsu Ayla EV dipamerkan di GIIAS 2022
Daihatsu Ayla EV dipamerkan di GIIAS 2022
Sumber :
  • VIVA Otomotif

VIVA Otomotif – Mobil listrik menjadi tren baru di Indonesia, meski sebenarnya kendaraan ini sudah lama ada di dunia namun baru belakangan ini gencar mengisi pasar otomotif nasional.

Awalnya unit didatangkan dari luar negeri, dengan harga jual yang selangit sehingga hanya beberapa orang saja yang bisa memilikinya. Namun, kini ada sebagian pabrikan yang sudah mulai memproduksinya secara lokal.

Secara resmi sudah ada dua model mobil listrik, yang dirakit di dalam negeri. Jumlah itu nantinya akan bertambah satu, yakni dari Daihatsu.

Pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2022, PT Astra Daihatsu Motor memajang mobil konsep yang diberi nama Daihatsu Ayla EV.

Daihatsu Ayla EV dipamerkan di GIIAS 2022

Daihatsu Ayla EV dipamerkan di GIIAS 2022

Photo :
  • VIVA Otomotif

Sesuai namanya, kendaraan ini menggunakan penggerak listrik murni yang berasal dari baterai. Saat ini, status dari model tersebut masih purwarupa tapi ke depannya akan dibuat versi produksi massal.

Executive Coordinator Design Engineering Division ADM, Sony Satria mengatakan bahwa mereka sudah enam bulan mengembangan Ayla EV.

“Prosesnya kira-kira enam bulan, kemarin itu sempat ada kendala ketersediaan komponen karena harus diimpor,” ujarnya di ICE BSD City, Tangerang, dikutip Rabu 17 Agustus 2022.

Product Planning Division Head ADM, Anjar Rosadi menuturkan Ayla EV dibuat oleh tim riset dan pengembangan Daihatsu yang ada di Indonesia.

“Tentunya ada keterlibatan dari Daihatsu Jepang, tapi mereka hanya sebatas support saja,” tuturnya.

Meski akan dibuat secara lokal di Indonesia, namun Sony belum bisa memastikan kapan Ayla EV akan mulai dihadirkan versi produksi massalnya.

“Sekarang kami sedang studi, beri kami waktu untuk mempersiapkannya. Kalau bicara soal EV, kami harus kerja sama dengan industri yang ada di Indonesia supaya bisa didukung oleh penyedia komponen lokal,” ungkapnya.

Sony mengaku, mereka tadinya berencana untuk melakukan uji jalan terhadap Ayla EV. Namun, adanya pameran membuat unit harus dipajang dulu untuk diperkenalkan ke publik.