Di Negara Ini Gak Perlu Beli Bisa Pakai Toyota GR Yaris

Toyota GR Yaris.
Sumber :
  • Dok: TAM

VIVA Otomotif – Toyota GR Yaris pertama kali hadir dalam ajang Tokyo Auto Salon di Jepang, pada 2020. Mobil hatchback tersebut merupakan pengembangan dari produk balap reli yang diproduksi massal untuk digunakan di jalan raya.

Panduan Sewa Mobil Lepas Kunci untuk Berkendara Tanpa Stres

Gazoo Racing sebagai rumah modifikasi khusus Toyota itu melakukan sejumlah penyesuaian, agar Yaris versi buas tersebut aman, dan layik di gunakan di jalan umum.

Toyota GR Yaris.

Photo :
  • Dok: Toyota
Detik-detik Tersangka Penggelapan Mobil Jessica Iskandar Ditangkap saat JJS di Bangkok

Dari penampilannya, desain ekterior dibuat berbeda dengan edisi WRC, atau World Rally Championship. Mobil hatchback tersebut juga dibuat dalam jumlah terbatas, untuk seluruh dunia hanya tersedia 25 ribu unit.

Sedangkan untuk pasar Indonesia Toyota GR Yaris hanya tersedia 126 unit. Di mana semua stok tersebut sudah ludes terjual. Padahal mobil bertenaga besar dijual cukup mahal, yakni mencapai Rp850 juta.

Trik Praktis Anti Ribet Berangkat Nonton Serunya Konser di GBK

Bahkan di Thailand mencapai Rp1 miliaran, dan hanya tersedia 70 unit. Artinya Indonesia menjadi salah satu negara di Asia yang mendapatkan stok cukup banyak.

Mengingat peminat GR Yaris cukup besar, di Jepang Toyota memberikan kesempatan bagi para pecinta adrenalin yang tidak kebagian mobil tersebut, agar bisa menggunakannya melalui program Kinto.

Konsumen tidak perlu membeli mobil edisi khusus itu, namun bisa menggunakannya hanya dengan sistem sewa. Menariknya mobil hatchback bergaya sporti yang disewa itu memiliki torsi lebih besar dari edisi standar.

Mobil yang disewa adalah edisi GR Yaris Morizo Selection, di mana perangkat lunaknya sudah disesuaikan untuk setiap pelanggan, seperti seperti dikutip Paultan.org, Selasa 30 Agustus 2022.

Dalam kondisi standar mobil buatan rumah modifikasi Toyota itu dipersenjatai mesin tiga silinder berkapasitas 1.600cc. Dilengkapi turbo, dengan sistem intake, dan knalpot yang disesuaikan untuk performa maksimal.

Sehingga sedan buntung itu dapat memuntahkan tenaga 272 PS, dan torsi 370 Nm. Sementara untuk unit yang disewakan melalui Kinto, torsinya meningkat 20 Nm, artinya di atas kertas bisa lebih agresif dari putaran bawah.

Seluruh tenaga besarnya itu tetap disalurkan melalui transmisi manual Imt (Intelligent Manual Transmission) 6-percepatan ke semua roda, alias 4WD (four wheel drive).

Untuk tenaga roda depan, dan roda belakang yang disalurkan mesin memiliki daya berbeda-beda sesuai kebutuhan. Fungsinya agar menciptakan kontrol maksimal, sesuai dengan kondisi jalan yang dilalui mobil tersebut.

Sistem differential GR Yaris diatur secara elektronik, atau controlled multi-plate clutch center yang dapat mencegah selip di masing-masing roda. Terdapat tiga pilihan gaya berkendara, yakni normal, sport, dan track.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya