Begini Wujud Mobil Pikap Listrik Paling Kencang di Dunia?

Mobil pikap listrik, Rivian R1T
Sumber :
  • Paultan.org

VIVA Otomotif – Kendaraan listrik menjadi salah satu jawaban demi menekan emisi karbon yang dihasilkan dari mesin pembakaran. Setiap pabrikan menciptakan mobil ramah lingkungan dengan spesifikasi berbeda-beda.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Secara garis besar mobil listrik yang sudah dipasarkan di beberapa negara memiliki desain eksterior futuristis, atau jauh lebih moderen dibandingkan kendaraan konvensional.

Mobil pelahap seterum bukan hanya diciptakan untuk mengangkut penumpang, namun ada juga yang dilahirkan untuk membawa barang layiknya komersial, atau niaga ringan.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024

Dengan begitu mobil yang digunakan untuk logistik, perkebunan, hingga mengangkut barang lainnya lebih ramah lingkungan, sebab sebelumnya untuk produk jenis tersebut hanya mengandalkan mesin diesel.

Sejak kendaraan tanpa emisi mulai popular di dunia, sejumlah merek membuat produk serupa. Bukan hanya merek raksasa, tapi ada beberapa pendatang baru.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Salah satunya Rivian Automobile., Inc, jenama asal Amerika Serikat yang berdiri pada 2009 itu telah memperkenalkan Rivian R1T dengan sejumlah pembaharuan, di mana pertama kali hadir di Los Angeles Auto Show 2018.

Melansir Paltan.org, Rivian R1T mendapatkan pembaharuan yang lebih signifikan dibandingkan versi pertamanya. Mobil kabin ganda itu diciptakan khusus untuk pengangkut barang, dan tangguh di segala medan jalan.

Sebagai pembuktian, pabrikan asal negeri paman sam itu telah menguji ketahanan pikap listrik tersebut melewati genangan air yang cukup tinggi. Mengingat ada beberapa penyesuian pada jarak pijak terendahnya.

Namun tidak ada keterangan terkait kondisinya setelah melewati genangan air tersebut.

Pada sektor dapur pacu, Rivian menyematkan empat motor listrik pada masing-masing roda. Sehingga tenaga maksimal yang bisa disemburkan mencapai 623 kilo watt, atau setara 835 dk, dan torsi 1.231 Nm.

Sangat bertenaga untuk kabin ganda berukuran sedang. Bahkan untuk berlari dari diam ke 100 kilometer per jam, hanya butuh waktu tiga detik. Kecepatannya setara super car layiknya Lamborghini, atau Ferrari.

Bisa dikatakan sebagai mobil kabin ganda tercepat. Bahkan dengan torsi sangat besar maka mobil pelahap seterum itu bisa menarik beban hingga 4.990 kilogram.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya