Toyota Siapkan Dana Triliunan untuk Mengembangkan Pabrik Baterai

Logo Toyota
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Otomotif – Pertumbuhan mobil berbasis EV (Electric Vehicle) mengalami peningkatan di industri otomotif. Hal itu dikarenakan banyak para produsen mengembangkan produk kendaraan ramah lingkungan untuk kebutuhan konsumennya.

Toyota Luncurkan Innova Baru Berpenggerak Roda Belakang

Kabar terbaru, Toyota Motor Co mengumumkan pihaknya mulai serius dalam membuat produk mobil listrik di industri otomotif. Langkah ini ditunjukkan perusahaan dalam menginvestasikan dana untuk pembangunan pabrik baterai yang direncanakan.

Dikutip VIVA dari Autoindustriya, Selasa 6 September 2022, perusahaan asal Jepang itu melakukan investasi bertujuan untuk upaya mereka dalam membangun sistem pasokan yang dapat memenuhi permintaan kendaraan listrik berbasis baterai. Menurut mereka, permintaan terkait kendaraan listrik saat ini tengah meningkat ini.

Daftar Pilihan Mobil Bekas Harga Rp 70 Jutaan, Apa Saja?

Toyota bZ3 mobil listrik kolaborasi BYD

Photo :
  • Carnewschina

Diketahui, Toyota telah menyiapkan dana US$5,6 miliar atau setara Rp 83 triliun dalam pembangunan. Hal ini sejalan dengan target perusahaan di mana mereka telah berkomitmen pada tahun 2021 untuk menjual sebanyak 3,5 juta unit kendaraan listrik pada 2030 mendatang.

Ajak Jalan Wuling Cloud EV di Perkotaan, Tetap Nyaman di Tengah Kemacetan

Lebih lanjut, dari dana yang telah disetujui tersebut, nantinya mereka akan memecah menjadi dua. Melalui investasi yang ditanamkan ini, perusahaan ingin meningkatkan kapasitas produksi baterai gabungan mereka menjadi 40 GWh. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, mereka akan memanfaatkan Toyota Production System (TPS) dan akan membangun jalur produksi baru yang lebih efisien. Nantinya,  melalui penanaman modal yang dilakukan, perusahaan tidak terlalu bergantung pada kemitraan mereka secara eksternal.

Di sisi lain, PT Toyota Astra Motors (TAM) baru saja mempekernalkan mobil berbasis listrik di industri otomotif Indonesia. Kendaraan roda empat tersebut mengarah pada model bZ4X, yang tampil di pameran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) tahun ini.

Selama pameran berlangsung 11 hari di ICE BSD City, Tangerang, mobil tersebut diklaim mendapatkan animo positif dari masyarakat khususnya yang berkunjung pameran GIIAS. Diketahui, model ini hanya diperkenalkan saja dan belum dijual kepada publik.

Sebagai tambahan informasi, Toyota bZ4X ini dibangun menggunakan platform khusus e-TNGA yang dikembangkan oleh perusahaan. Adanya komponen tersebut, mampu memberikan pengelaman berkendara yang atraktif, mulus, dan intuitif.

Bicara harga, di negara Jepang model tersebut dibanderol dengan harga 6.000.000 Yen atau sekitar Rp672 juta untuk varian FWD. Sementara, varian 4WD dipasarkan dengan harga 6.500.000 Yen atau sekitar Rp728 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya