Harga Mobil Listrik Bekas Masih Belum Cocok Buat Kaum Pas-pasan

Mobil listrik Hyundai Ioniq
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA Otomotif – Demi menuju langit biru, pabrikan mobil menciptakan produk ramah lingkungan dengan tenaga listrik sebagai sumber penggerak utama roda. Hal itu dilakukan untuk membantu menekan emisi dari mesin pembakaran.

GAC Aion Jual 1 Juta Mobil Listrik dalam Waktu Relatif Singkat

Mobil listrik juga menjadi salah satu solusi, untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil yang semakin menipis. Namun populasi kendaraan tanpa emisi di dunia masih lebih sedikit dibandingkan versi konvensional.

Tesla Model S di IIMS 2022

Photo :
  • VIVA/Muhammad Thoifur
Daftar Harga Pajero Sport Bekas dan Pajak Tahunannya

Ada beberapa faktor yang membuat mobil ramah lingkungan itu kurang diminati, diantaranya harganya yang masih tergolong mahal untuk sebagian orang. Lalu rasa khawatir ketika baterai habis di tengah perjalanan.

Tidak semua negara memiliki tempat pengisian baterai mobil listrik yang memadai, salah satunya di Indonesia. Sehingga masih ada ketakutan bagi mereka ketika daya baterai mobil pelahap seterum itu habis di tengah jalan.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk pengisian baterai pun cukup lama. Butuh arus besar, dan alat khusus agar bisa lebih cepat saat pengisian, berbeda dengan pengisian bahan bakar pada umumnya yang lebih simpel.

Namun karena bahan bakar minyak, atau BBM semakin mahal tentu kendaraan listrik menjadi salah satu solusi untuk menghemat kantong. Meski di awal, perlu merogoh kocek lebih untuk meminangnya ke dalam garasi rumah.

Mengingat saat ini mobil listrik yang ditawarkan oleh produsen, atau importir umum masih cukup mahal. Sebagian besar harga barunya di atas Rp500 juta, hingga Rp1 miliaran, untuk jenis sedan, atau SUV (Sport Utility Vehicle).

Lexus UX 300e yang akan digunakan di KTT G20

Photo :
  • Dok: Lexus Indonesia

Sedangkan jika sekadar berkendara di dalam kota, dan tidak untuk menampung banyak penumpang, atau barang bawaan, ada Wuling Air EV. Mobil listrik berdimensi kompak itu harganya hanya di bawah Rp300 juta.

Tapi jika menginginkan mobil listrik SUV, dan sedan ada beberapa pilihan dalam kondisi bekas, walaupun banderolnya kurang cocok untuk kaum pas-pasan. Karena tergolong masih tinggi, hanya selisih tipis dari keadaan barunya.

Merangkum dari beberapa platform jual beli online, Rabu 7 September 2022, Hyundai Ioniq EV yang sudah tidak diproduksi lagi menjadi mobil listrik bekas paling murah.

Daftar harga mobil listrik bekas di Indonesia:

Hyundai Kona EV 2021: Rp596 juta (jarak tempuh 6.000 km)

Hyundai Ioniq EV 2020: Rp535 juta (jarak tempuh 24.000 km)

Tesla Model S P85+ 2014: Rp1,750 miliar (jarak tempuh 12.000 km)

Lexus UX-300e 2021: Rp1,275 miliar (jarak tempuh 5.000 km)

Nissan Leaf 2022: Rp620 juta (jarak tempuh 1.700 km)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya