Daftar Mobil Langka Milik Mendiang Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II saat berada di Thames Hospice, Maidenhead
Sumber :
  • Kirsty O'Connor/Pool Photo via AP

VIVA Otomotif Ratu Elizabeth II dikabarkan telah meninggal dunia pada hari ini di Kastil Balmoral, Skotlandia. Sang ratu meninggal pada usia 96 tahun, menjadikan dirinya sebagai penguasa terlama di Inggris dan pemimpin tertua di dunia.

Pikap Bawa Paralon Besi Seruduk Mazda CX-7, Tembus Kaca Belakang

Diketahui, semasa hidup Istri dari mendiang Pangeran Philip itu mengoleksi sejumlah mobil. Bahkan beberapa mobil miliknya berstatus langka dan mewah. Lantas, mobil apa saja milik mendiang Ratu Elizabeth II?

Dirangkum VIVA dari GQ Magazine, Jumat 9 September 2022, mobil pertama milik sang ratu adalah Lagonda 3-litre Drophead Coupe lansiran 1954 merupakan mobil khusus kerajaan Inggris yang digunakan untuk kegiatan sang ratu.

Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta dan Tangsel Minggu 19 Mei 2024

Mobil khusus yang dirancang untuk Ratu Elizabeth

Photo :
  • carscoops

Mobil ini sempat digunakan oleh Pangeran Philip bersama Ratu Elizabeth II untuk meresmikan M1, sebuah jalan raya pertama di Inggris pada 1959. Namun sangat disayang pada tahun 2016 mobil ini telah dijual dan laku dengan harga 350 ribu Poundsterling atau setara Rp7 miliar. 

Baru Saja Meluncur, Mobil Ini Sudah Laku Banyak Banget

Kendaraan langka selanjutnya yakni Vauxhall Cresta PA Friary Estate 1961. Diketahui, mobil antik ini merupakan kendaraan favorit dari Ratu Elizabeth II. Bahkan mobil tersebut masih berada di garasi kerajaan di Sandringham. 

Selanjutnya, mobil Alvis TD21 Series II Drophead Coupe produksi tahun 1961 silam. Menjadi salah satu kendaraan mewah Sang Ratu ini bekali mesin enam silinder segaris berdaya 115 Tk. Menariknya, Sang suami yakni Pangeran Philip mesti membayar lebih karena sistem transmisinya di-upgrade menggunakan ZF lima percepatan. 

Ada salah satu mobil yang terbilang langka dan mewah milik Ratu Elizabeth II. Mobil tersebut bernama Rolls-Royce Phantom IV State Landaulet 1955. Mobil berkapasitas mesin 5.7 liter delapan silinder segaris ini hanya diproduksi 18 unit oleh Rolls-Royce. Mobil tersebut tetap beroperasi selama 43 tahun sebelum dikembalikan kepada Rolls-Royce pada tahun 2002. 

Sebagai tambahan informasi, ada salah satu kisah Ratu Elizabeth II yang sempat jadi sorotan beberapa tahun lalu, yakni ketika ia mengemudikan mobil sendiri meski usianya sudah mencapai 90 tahun. Diketahui, mobil tersebut adalah Range Rover.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya