Puan Maharani Tes Mobil Listrik Setengah Miliar di DPR, Buat Apa?

Ketua DPR RI Puan Maharani jajal mobil listrik
Sumber :
  • DPR.go.id

VIVA Otomotif – Ketua DPR RI, Puan Maharani, kedapatan tengah menjajal mobil listrik Hyundai Ioniq 5 di area gedung DPR. Ternyata, mobil tersebut akan digunakan sebagai kendaraan bagi delegasi The 8th G20 Parliamentary Speaker Summit (P20).

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

Sebelumnya, nampak puluhan mobil listrik dari pabrikan asal Korea Selatan tersebut di tempat parkir belakang gedung MPR RI DPR. Ternyata, mobil tersebut akan digunakan sebagai sarana transportasi para peserta P20.

Perhelatan P20 akan diselenggarakan di Gedung DPR dengan main venue di Gedung Nusantara (Gedung Kura-kura). Dalam forum pimpinan parlemen yang akan digelar pada 6-7 Oktober 2022 itu, Puan akan memimpin semua sidang yang semuanya berada dalam satu lokasi.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Usai memimpin rapat persiapan, mantan Menko PMK ini juga mengecek berbagai ruangan yang akan digunakan dalam forum internasional bergengsi itu. Bahkan Puan menjajal menyetir sendiri mobil listrik yang akan dipakai untuk mengantar delegasi-delegasi P20.

Komisi II DPR Dorong Revisi UU Pemilu Awal Periode 2024-2029

“Penggunaan mobil listrik ini sejalan dengan salah satu tema utama yang akan dibahas dalam P20 yakni pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau. DPR ingin menunjukkan komitmen bahwa Indonesia serius dalam mengurangi emisi,” tutur Puan.

Didampingi Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel yang duduk di kursi depan penumpang, Puan mencoba mobil listrik dengan menyetir berkeliling Kompleks Parlemen. Ia tampak lancar meski baru pertama kali mengendarai mobil listrik.

Hyundai Ioniq 5 sendiri dibuat di Indonesia dengan harga Rp748 juta sampai Rp859 juta. Hadir dalam tipe  Prime Standard, dan Signature Standard dapat berjalan hingga 384 kilometer dalam kondisi baterai penuh.

Hyundai Ioniq 5

Photo :
  • Dok: BOB

Soal kecepatannya, kedua varian tersebut dapat melaju dari diam ke 100 km per jam dalam waktu 8,5 detik. Sedangkan untuk tipe Prime Long Range dan Siganture Long Range jauh lebih cepat, karena hanya buth 7,4 detik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya