Korea Selatan Berhasil Mengekspor Ratusan Ribu Unit Kendaraan

Stasiun pengisian daya mobil listrik di diler Hyundai
Sumber :
  • Dok: HMID

VIVA Otomotif – Ekspor merupakan suatu kegiatan pengiriman barang dari suatu negara ke negara lain. Cara ini sering kali digunakan oleh perusahaan otomotif untuk mengirim unit berupa produk kendaraan ke konsumen negara lain.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Ada salah satu negara yang melakukan kegiatan ini adalah Korea Selatan. Diketahui, di negara tersebut memiliki beberapa perusahaan otomotif ternama seperti Hyundai dan Kia. Saat ini, ekspor kendaraan khususnya mobil mengalami peningkatan ke beberapa negara.

Dikutip VIVA dari Yonhap, Jum'at 14 Oktober 2022, negara yang terkenal dengan film drama ini memberitahu eskpor mobil mereka melonjak 34,7 persen di bulan September tahun ini. Permintaan baling banyak didominasi yakni mobil berbasis listrik yang dikirim ke beberapa negara.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Mobil listrik Hyundai Ioniq 5.

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Berdasarkan data di sana, Korea Selatan berhasil mengekspor kendaraan ke Amerika Utara meningkat 70,1 persen menjadi 2,26 miliar dolar AS atau setara Rp34 triliun. Sementara untuk ekspor ke negara-negara Asia melonjak kenaikan hampir 95,4 persen menjadi 434 juta dolar AS atau setara Rp6,6 triliun.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Secara total, negara yang terkenal dengan teknologi kendaraan listrik ini mendapatkan nilai pengiriman mencapai 4,79 miliar dolar AS atau  Rp73 tiriliun. Diketahui, pencapaian nilai tersebut merupakan yang terbesar, menurut data dari Kementerian Perdagangan, Industri, dan Energi Korea Selatan.

Dalam volume data, mereka menunjukkan bahwa total 192.863 unit berhasil terjual dan diekspor ke beberapa negara lain. Angka tersebut mengalami kenaikan sebesar 27,5 persen dari tahun sebelumnya. Menurut pemerintah di sana, penjualan yang cepat didukung yakni meningkatnya permintaan kendaraan ramah lingkungan.

Pada bulan Agustus, mobil listrik menyumbang 29,4 persen dari total ekspor mobil negara. Sekarang, ekspor kendaraan ramah lingkungan di sana mengalami kenaikan mencapai 35,1 persen dan mendapatkan 1,41 miliar dolar AS atau setara Rp21 triliun.

Adapun beberapa model yang diproduksi di Korea Selatan seperti All New Kia Rio, All New Kia Picanto, Kia Seltos, All New Hyundai Palisade, Hyundai H-1, dan Hyundai Ioniq Electric, serta Kona Electric. Model-model tersebut di ekspor ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

Sebagai tambahan informasi, negara yang terkenal dengan giseng ini memberitahu bahwa tidak hanya ekspor mobil saja yang mengalami kenaikan, tetapi juga ekspor suku cadang mobil juga mengalami peningkatan 8,7 persen dalam setahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya