Indonesia Bakal Jadi Tempat Peluncuran Global Mobil SUV Baru

Chery Omoda 5
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Otomotif – Indonesia menjadi negara yang spesial bagi banyak pabrikan kendaraan, karena dianggap memiliki potensi yang sangat besar dalam bidang industri otomotif.

Pembiayaan Kendaraan Listrik Meningkat 338 Persen

Beberapa dari mereka bahkan menjadikan Indonesia sebagai lokasi peluncuran perdana untuk mobil baru, jenisnya mulai dari Multi Purpose Vehicle hingga hatchback.

Tahun depan hal yang yang sama juga akan dilakukan oleh pendatang baru, yakni Chery. Merek asal China itu dikabarkan berencana memperkenalkan mobil Sport Utility Vehicle atau SUV baru mereka, di Tanah Air.

Pembatasan Usia Kendaraan di Jakarta: Antara Langit Biru dan Perekonomian

“Sekarang kami sudah rakit di sini model Tiggo 7 dan Tiggo 8. Januari tahun depan kami akan tambah satu model lagi, SUV yang paling baru dan eksteriornya beda. Itu produk global, nanti kami luncurkan sama di seluruh dunia,” ujar Presiden Direktur PT Chery Sales Indonesia, Tao Yong di sela sesi Media Test Drive di Bandung, Jawa Barat, dikutip Kamis 20 Oktober 2022.

VIVA Otomotif: Chery Tiggo 8 Pro

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
Ada Korban Meninggal Akibat Tabrakan KA Pandalungan Vs Mobil di Pasuruan, Perjalanan KA Terganggu

Yong menuturkan, bahwa pemilihan Indonesia sebagai lokasi peluncuran perdana secara global dilakukan, sebagai bagian dari strategi mereka di tahun depan di mana mereka akan mulai merambah pasar kendaraan setir kanan.

“Chery 5-10 tahun lalu berkembang sangat pesat di negara yang menerapkan setir kiri, seperti China dan Timur Tengah. Saat ini, Chery mau masuk di setir kanan dan pasar yang paling pertama itu Indonesia,” tuturnya.

Terkait bocoran model yang bakal dihadirkan, Yong mengaku bahwa desainnya akan mirip dengan mobil konsep Chery Omoda 5 yang pernah dipamerkan di Tanah Air. Meski demikian, nama yang dipakai akan diganti.

“Namanya bukan Omoda, belum pasti. Awal Januari kami akan umumkan, tapi bukan Omoda namanya,” jelasnya.

Chery Omoda 5

Photo :
  • Chinapev

Bocoran informasi mengatakan, dimensi Chery Omoda 5 sedikit lebih besar dari SUV pesaingnya, seperti Honda HR-V atau Hyundai Creta. Mobil ini memiliki panjang 4.400 milimeter, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.585 mm.

Jantung pacunya memiliki spesifikasi empat silinder dengan kapasitas 1.600cc, yang dapat menghasilkan 196 daya kuda serta torsi 290 Newton meter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya