Pakar Beberkan Fakta Mengejutkan Mobil SUV di Indonesia

VIVA Otomotif: Chery Tiggo 8 Pro
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA Otomotif – Mobil jenis Sport Utility Vehicle atau SUV sebenarnya sudah ada di Indonesia sejak era 1990-an, contohnya Suzuki Vitara dan Daihatsu Taruna. Namun, popularitasnya kalah dari Multi Purpose Vehicle alias MPV.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo menunjukkan, sampai saat ini mobil MPV masih menguasai deretan 10 besar daftar kendaraan bermotor roda empat terlaris di Tanah Air.

Meski demikian, pengamat otomotif Bebin Djuana mengatakan bahwa ada satu fakta mengejutkan terkait mobil SUV di Indonesia. Ia menyebut, bahwa model tersebut sebenarnya memiliki banyak peminat sejak dahulu.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Chery TIGGO 7 PRO

Photo :
  • Dok: Chery Sales Indonesia

“Pada kurun tahun 2000-an, pasar dunia condongnya ke arah SUV. Kenapa? Karena orang ingin mendapatkan sporty-nya, ingin mendapatkan comfort, kemampuan jelajah itu menjadi kebutuhan. Di negara kita tidak ada bedanya. banyak yang ingin SUV,” ujarnya saat hadir di acara Media Test Drive Chery di Bandung, Jawa Barat, dikutip Jumat 21 Oktober 2022.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024

Bebin menuturkan, salah satu alasan mengapa mobil SUV tidak berhasil mengalahkan penjualan MPV yakni karena biaya produksinya yang lebih mahal. Hal itu ia ketahui, karena pernah bekerja di salah satu pabrikan otomotif asal Jepang selama 20 tahun.

Chery Omoda 5

Photo :
  • Chinapev

“Membangun sebuah SUV itu tidak bisa murah, apa pun yang dilakukan mobil SUV akan lebih mahal daripada MPV. Lebih murah bikin MPV, saya dulu ada di dalam industrinya kok,” tuturnya.

Kini dengan semakin besarnya permintaan terhadap kendaraan berpenampilan gagah itu, Bebin mengungkapkan bahwa para produsen otomotif berupaya mensiasati biaya dengan menghadirkan MPV bergaya SUV.

“Ada banyak bukti MPV yang ingin menjadi SUV, mau merek apa juga kita banyak. Jadi, di negara kita sebenarnya tertinggi kepingin SUV,” ungkapnya.

Chery Tiggo Meluncur di Jakarta, Januari 2022.

Photo :
  • VIVA.co.id / Septian Farhan Nurhuda

Tingginya permintaan akan mobil SUV juga diakui oleh Sales and Dealer Network Development Director Chery Sales Indonesia, Zheng Shou.

“Kami tahu di sini MPV yang paling besar pangsa pasarnya. Tapi ke depan, SUV pasti lebih laku. Soalnya kami lihat di dunia naik, di Indonesia juga emerging middle class,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya