Mitsubishi Ralliart Finis Pertama AXCR 2022 Hari Kedua, Rifat Alami Hal Menegangkan

VIVA Otomotif: Mobil Triton Tim Mitsubishi Ralliart di ajang AXCR 2022
Sumber :
  • Dok: Mitsubishi

VIVA Otomotif – Lomba Asia Cross Country Rally atau AXCR 2022 etape 1 yang diadakan di Buriram, Thailand dimulai pada Selasa 21 November kemarin, dan VIVA diundang oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) untuk turut serta menyaksikan acara itu.

Fortuner vs Pajero Sport Bekas, Pajak Tahunannya Murah Mana?

Etape ini menjadi yang paling panjang di seri 2022, lokasinya menyusuri jalanan tanah di kawasan Khonburi dan berakhir di Nong Bon. Special Stage atau SS2 pada etape ini menjadi yang terpanjang, mencapai 203,5 km.

SS2 yang disiapkan panitia bertujuan untuk menguji performa kendaraan secara keseluruhan, di mana jalurnya merupakan kombinasi aspal, trek offroad dan tikungan sulit.

Adu Laris Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport di 2024

Ini merupakan balapan pertama Tim Mitsubishi Ralliart, setelah 12 tahun mereka vakum di dunia motorsport. Mereka mengandalkan tiga pembalap, yaitu Rifat Sungkar, Chayapon Yotha dan Sakchai Hantrakul.

VIVA Otomotif: Tim Mitsubishi Ralliart di ajang AXCR 2022

Photo :
  • Dok: Mitsubishi
Mitsubishi Pamer Mobil Compact SUV Baru

Sayangnya, Sakchai Hantrakul dinyatakan positif COVID-19 saat lomba hari kedua akan dimulai sehingga ia tidak harus mundur. Direktur Tim Mitsubishi Ralliart, Hiroshi Masuoka memutuskan untuk mengubah strategi.

Saat memulai etape 1, mobil Mitsubishi Triton yang dikemudikan Chayapon Yotha mengawali lomba di urutan lima dan di Check Point 1 berhasil mendahului tiga mobil lain sehingga menempati posisi dua.

Saat melewati garis finis, Chayapon Yotha menjadi yang pertama dan bahkan melewati para peserta yang mengendarai sepeda motor, yang memulai balapan lebih dahulu ketimbang mobil.

Sementara itu, mobil Triton andalan Rifat mengalami pecah ban namun ia tetap melanjutkan perjalanan karena tidak mau membuang waktu untuk mengganti ban.

Saat berhenti di CP1, mekanik langsung mengganti ban, pelek, rem, serta suspensi dan Rifat kembali tancap gas. Meski demikian, ada komponen yang tidak bisa dipasang yaitu peredam kejut alias shockbreaker.

“Meski ban dan suspensi mengalami kerusakan, tapi saya tetap bisa melewati garis finis. Triton benar-benar tangguh,” kata Rifat.

Pada hari ini, Rabu 23 November 2022 para peserta akan menjalani etape 2 yang lokasinya diperkirakan berada di wilayah Ban Kuat atau Lahan Sai, Thailand. 

Baca berita terkini lainnya di Google News.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya