VIVA RePlay 2022: Daftar Mobil Listrik yang Dipasarkan di Indonesia

Wuling Air ev dipamerkan di GIIAS 2022
Sumber :
  • VIVA Otomotif

VIVA Otomotif – Saat ini keberadaan kendaraan listrik khususnya mobil, mulai banyak dipasarkan di Tanah Air. Hal itu dikarenakan beberapa pabrikan otomotif mulai mengembangkan sekaligus menjual ke konsumennya.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Sepanjang tahun 2022, sudah banyak mobil listrik yang meluncur ditawarkan beberapa merek dagang mulai Toyota, Wuling, Hyundai, hingga DFSK. Beberapa dari mereka menawarkan dengan harga paling terjangkau sampai kelas premium. 

Lantas, mobil listrik apa saja yang dipasarkan di tahun ini? Dirangkum VIVA dari berbagai sumber, Selasa 27 Desember 2022, berikut daftar mobil listrik yang diperkenalkan dan resmi dijual di Indonesia pada tahun 2022;

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Test drive Hyundai Ioniq 5

Photo :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

1. Hyundai Ioniq 5
Mobil listrik pertama datang dari merek Hyundai dengan model Ioniq 5. Sejak awal kemunculannya kendaraan listrik ini menjadi pusat perhatian para pecinta otomotif. Pasal mobil berjenis SUV ini diproduksi secara lokal di Cikarang, Jawa Barat. 

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Secara spesifikasi, model ini dirancang menggunakan platform Electric-Global Modular Platform atau E-GMP, serta dibuat semaksimal mungkin menggunakan material yang ramah lingkungan. Sisi eksteriornya tampak canggih, berkat penggunaan Parametric Pixal LED.

Bicara soal performa, model ini menggunakan baterai lithium ion berkapasitas 58 kWh yang bisa menghembuskan tenaga 170 daya kuda dan torsi 350 Newton meter. Tenaga itu dapat berakselerasi dari 0 - 100 km/jam dalam kurun waktu 8,5 detik.

Untuk harga, perusahaan asal Korea Selatan ini menawarkan model ini dalam empat tipe, dengan harga mulai dari Rp748 juta on the road DKI Jakarta.

2  Wuling Air EV
Beberapa waktu lalu, Wuling Motors Indonesia baru saja memperkenalkan produk berbasis EV (Electric Vehicle) di pasar otomotif Tanah Air. Kendaraan tersebut mengarah pada model Air EV, yang memiliki tampilan mungil.

Secara spesifikasi, ukuran dari mobil listrik ini memiliki dimensi panjang 2.917 milimeter, lebar 1.493 mm, tinggi 1.621 mm, serta jarak sumbu roda 1940 mm. Meski ukurannya mungil, model ini mampunyai keahlihan lebih gesit, untuk diajak bermanuver di jalanan.

Bicara soal mesin, kendaraan listrik ini mengusung mesin baterai lithium ferro-phophate (LFP). Mesin itu mampu menghasilkan tenaga 30 daya kuda dengan torsi mencapai 110 Newton meter. Tenaga itu disalurkan dengan transmisi single reduction gear.

Sekedar informasi, perusahaan menawarkan harga dari model ini berbeda, untuk tipe standar yang ditawarkan dengan harga Rp238 juta, dam bisa dikemudikan sejauh 200 kilometer. Sementara tipe satu lagi mampu menempuh jarak 300 km, dibanderol Rp295 juta, dan harga-harga tersebut OTR DKI Jakarta

3. DFSK Gelora E

Mobil listrik komersial DFSK Gelora E

Photo :
  • DFSK

Melalui PT. Sokonindo Automobile (DFSK Indonesia) mereka berhasil memperkenalkan model Gelora E ke konsumen Tanah Air. Mobil listrik berjenis komersial ini disematkan beragam fitur dan teknologi canggih.

Sebagai kendaraan ramah lingkungan, model anyar ini menggunakan sistem baterai yang didukung pengisian daya cepat (fast charging), yang dapat mengisi dari 20–80 persen dalam waktu 80 menit. Untuk jarak tempuh bisa mencapai 300 km dalam sekali pengisian.

Bicara soal harga, DFSK menawarkan satu unit kendaraan mini bus EV ini dibanderol mulai Rp582 juta OTR DKI Jakarta. Mereka juga menawarkan skema cicilan ke konsumen dengan DP mulai dari Rp91 juta dengan beragam angsuran mulai 12 bulan.

4. Nissan Leaf
Dalam pameran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) tahun ini yang sukses diselenggarakan. Perusahaan otomotif asal Jepang, Nissan mulai memperkenalkan kembali model listriknya bernama Leaf EV.

Mobil bertipe medium hatchback ini mengusung baterai lithium-ion 40 kWh yang dapat menempuh jarak sejauh 311 km dalam sekali pengisian daya. Untuk pengisian daya memerlukan waktu 12-15 jam dengan charger DC dan 5-7 jam.

Bagi konsumen yang berminat membeli kendaraan tersebut, Nissan Leaf EV ini dibanderol Rp728 jutaan OTR DKI Jakarta. Namun, apabila merasa keberatan, konsumen juga bisa mengambil skema cicilan dengan dp dan angsuran cukup ringan.

5. Toyota bZ4X
Belum lama ini, Toyota Indonesia resmi meluncurkan mobil listrik pertama buatan mereka, yakni Toyota bZ4X di Indonesia. Kendaraan ini hadir dengan desain Sport Utility Vehicle, dan sama sekali tidak menghasilkan polusi.

Secara spesifikasi, model ini dibangun dari dengan platform e-TNGA, yaitu rancang bangun Toyota New Global Architecture yang ditingkatkan supaya bisa mengakomodasi komponen baterai dan motor listrik lengkap dengan perangkat keamanannya.

Kendaraan ini disematkan baterai Lithium-ion dengan kapasitas 71,4 kilo Watt hours, yang bisa menyimpan energi listrik untuk perjalanan sejauh 500 kilometer. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga mencapai 204 daya kuda dan torsi 266 Newton meter.

Perusahaan yang terkenal dengan mobil sejuta umat ini membanderol model tersebut seharga Rp1,19 miliar sudah berstatus on the road DKI Jakarta. Dengan harga tersebut, pemilik nantinya akan mendapatkan banyak fitur baru dan teknologi canggih.

6. BMW i4 dan iX
Mobil listrik selanjutnya datang dari BMW dengan model i4 dan iX. Kedua model tersebut memilik tampilan premium baik dari eksterior maupun interior yang lebih mewah di kelasnya.

Secara tampilan kedua kendaraan tersebut terlihat dinamis dengan desain yang lebih modern. Pada bagian depan juga sedikit lebih lebar, termasuk bumper dan grille. Untuk lampu, kedua mobil ini telah disematkan LED yang membuat lebih segar dan mewah.

Bicara soal performa, mesin dari iX memiliki tenaga lebih besar yakni 326 daya kuda, membuatnya bisa mencapai kecepatan 0-100 kpj hanya dalam waktu 6,1 detik. Sedangkan untuk i4, menggunakan motor listrik 340 daya kuda yang digabungkan dengan penggerak roda belakang klasik.

Untuk harga, perusahaan asal Jerman ini menawarkan satu unit model BMW i4 eDrive40 itu dibanderol mulai Rp2,2 miliar, sementara BMW iX xDrive40 seharga Rp2,5 miliar. Harga-harga tersebut masih off the road.

7. Mercedes-Benz EQS dan EQE

Mobil listrik mercedes-benz EQ series resmi dijual di Indonesia

Photo :
  • Mercedes-Benz Indonesia

Baru-baru ini, perusahaan otomotif ternama Mercedes-Benz merilis produk baru ke konsumen Tanah Air. Kendaraan roda empat itu diberi nama EQS dan EQE, sebuah mobil jenis sedan yang telah ditenagai mesin listrik.

Secara tampilan, EQS dan EQE menawarkan desain modern dan eksterior mewah yang premium. Untuk EQS, terdapat garis coupe yang mengalir kuat mencirikan siluetnya dinamis. Bahkan lampu belakangnya dibuat bentuk spiral 3D melengkung.

Sementara, untuk EQE memadukan penampilannya yang dinamis dengan keseimbangan antara inovasi teknis dan estetika modern. Model ini telah disematkan dua bilah lampu LED di bagian depan, dan terdapat lekukan bodi yang memperlihatlan kesan kemewahan.

Untuk harga, Mercedes-Benz menawarkan mobil listrik tersebut dibanderol mulai Rp2,215 miliar untuk EQE 350+ Electric Art Line, Rp2,984 miliar untuk EQS 450+ Electric Art Line, dan Rp3,410 miliar untuk EQS 450+ AMG Line. Harga tersebut masih off the road.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya