Viral Hitung Biaya Tahunan Pemakaian Mobil, Kamu Berapa?

VIVA Otomotif: Biaya pemakaian mobil Honda Civic Turbo dalam setahun
Sumber :
  • Twitter @ryandirachman

VIVA Otomotif– Twitter menjadi salah satu media sosial, di mana berita bisa menjadi viral dan jadi perhatian warganet di seluruh Indonesia. Terbaru yakni soal hitung biaya tahunan kepemilikan mobil.

BI Tegaskan Biaya Layanan QRIS 0,3 Persen Ditanggung Pedagang Bukan Konsumen

Dari penelusuran VIVA di akun @ryandirachman, Selasa 27 Desember 2022, pemilik akun tersebut membeberkan daftar pengeluarannya selama setahun memiliki mobil Honda Civic Turbo.

“1 tahun pake, ini list pengeluaran civic turbo,” tulisnya.

Bukan Suku Bunga, Ini yang Jadi Perhatian Pembeli Mobil Pertama

Pada daftar tersebut, ia menyatakan bahwa pajak tahunan mobil hatchback bermesin 1.500cc turbo itu mencapai Rp6,4 juta. Kemudian ada pengeluaran Rp2,5 juta untuk servis rutin, dan asuransi all risk yang nominalnya Rp4,1 juta per tahun.

“Kerja 3x pp sawangan - slipi. Weekend kadang ngunjungin ortu kalo main. Ini gak daily use masih ada liburnya kadang. Bbm ron 92 ke atas soalnya,” jelas pemilik akun.

Daftar Harga Toyota Alphard Bekas Semua Generasi, Mulai Rp100 Jutaan

Ia juga mencatat pengeluaran untuk perawatan bodi mobil, mulai dari cuci satu bulan dua kali sampai dengan coating dan biaya tol. Untuk perawatan ganti oli, hal itu dilakukan sendiri di rumah dengan biaya  pembelian pelumas Rp800 ribu.

Meski baru dua hari diunggah, namun informasi tersebut sudah dilihat jutaan orang. Beberapa bahkan ikut membuat daftar yang sama, untuk kendaraan mereka masing-masing mulai dari mobil hingga sepeda motor.

Lantas, berapa biaya yang dihabiskan untuk operasional sehari-hari dari kendaraan tersebut?

Sang pemilik akun menyatakan, bahwa ia mengeluarkan sekitar Rp50 jutaan tiap tahunnya. Sementara itu, warganet lain yang memiliki mobil LCGC Daihatsu Ayla mengaku bahwa biaya tahunan mobil tersebut hanya Rp15 jutaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya