Test Drive All New Toyota Agya GR Sport, Tampilan Elegan Mesin Canggih

All New Agya GR Sport
Sumber :
  • VIVA/Agus Setiawan

VIVA Otomotif – Para jurnalis nasional diajak mencoba All New Toyota Agya GR Sport milik PT Toyota-Astra Motor (TAM), mengelilingi Bali selama tiga hari mulai dari tanggal 4-6 April 2023.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Dengan mengusung tagline “Move with Boundaries”, All New Agya GR Sport hadir dengan performa berkendara yang lebih baik dengan mengadopsi engine baru dan sistem suspensi yang telah mendapatkan special tunning dari GAZOO Racing. Mobil dengan model GR ini menjadi salah satu kendaraan favorit masyarakat Indonesia.

“All New Toyota Agya GR Sport generasi kedua hadir sebagai compact hatchback yang mengalami banyak peningkatan untuk semakin memperkuat DNA Agya GR Sport yang Sporty, Aggressive, dan Reliable dan menghadirkan Fun to Drive Feelings,” ungkap Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy di Bali, Selasa 4 April 2023.

Kelanjutan Nasib Hyoyon SNSD, Bomi Apink hingga Im Nayoung Pasca Paspornya Ditahan Imigrasi Bali

All New Toyota Agya GR Sport tidak hanya menggunakan platform baru, tapi juga telah mengadopsi mesin baru 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i bertenaga 88 PS dan torsi yang lebih tinggi pada 113 Nm. Performanya diperkuat oleh penggunaan transmisi CVT baru yang dikembangkan dengan fixed gear ratio sehingga mampu menghasilkan akselerasi yang lebih cepat dan linear. 

Selain itu, transmisi CVT juga dibekali dengan teknologi Active D Control untuk menghasilkan keseimbangan antara akselerasi dan menjaga efisiensi bahan bakar. Supaya semakin fun to drive, mobil ini juga tersedia fitur paddle shift.

Imigrasi Bali Tahan Paspor Hyoyeon Girls Generation, Bomi Apink hingga I.O.I Im Nayoung

Test drive hari pertama

All New Agya GR Sport

Photo :
  • Toyota

Di hari pertama, setibanya di Bandara I Gusti Ngurah Rai-Bali, para awak media langsung diajak berkendara menggunakan All New Agya GR Sport GR Sport menuju Museum Puri Lukisan dengan jarak tempuh kurang lebih sekitar 37,7 kilometer.

Perjalanan menuju Utara Pulau Bali ini melintasi kontur jalan perkotaan, sehingga ketika kami mencobanya merasakan kelincahan dari All New Agya GR Sport ketika melalui jalanan yang lebih padat. Improvement di putaran mesin rendah memberikan power agility yang lebih baik, sekaligus tetap irit dengan konsumsi bensin rata-ratanya lebih dari 21 km/liter.

Para jurnalis juga diajak menikmati keindahan alam dan budaya Bali dengan kondisi jalan yang beragam mulai dari menanjak, hingga jalan sempit untuk menuju check point berikutnya ke The Aria Restaurant dengan jarak tempuh sekitar 31,2 kilometer atau estimasi waktu kurang lebih 2 jam.

All New Agya GR Sport

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

Jok bagian pengemudi dan penumpang bagian depan dan belakang dimensinya berbeda dari generasi sebelumnya. Ini tentu sangat nyaman bagi pengemudi maupun untuk penumpang lainnya.

Penampilan All New Agya GR Sport kini memiliki panjang 3.760 mm (+100 mm), lebar 1.665 mm (+65 mm), dan tinggi 1.505 mm (+15 mm). Sementara untuk wheelbase juga meningkat dari 70 mm menjadi 2.525 mm. Penambahan dimensi ini membuat ruang bagasi bertambah menjadi 610 mm untuk menyediakan ruang penyimpanan yang lebih lapang ketika membawa barang bawaan.

Di samping dari segi dimensi, Toyota juga berfokus untuk meningkatkan kestabilan dan kenyamanan berkendara. Posisi duduk pengemudi dirancang berdasarkan human-centered design, yang berfokus pada kenyamanan berkendara dan mendukung pengalaman fun to drive.

Fitur lain yang bisa dirasakan pada All New Agya GR Sport ini yaitu adanya audio dengan Head Unit 7-inch lengkap dengan fitur mirroring dan dukungan koneksi Bluetooth, AUX-IN, dan USB.

Tentu kenyamanan ini menjadi salah satu fitur penting selama perjalanan. Demi meningkatkan kenyamanan, sistem pengaturan AC juga sudah menggunakan tipe digital dan terdapat pula steering switch controluntuk memudahkan pengoperasian akses hiburan.

“All New Agya GR Sport kami hadirkan dengan berbagai peningkatan. Dengan mengadopsi engine baru dan adanya special tunning pada pada bagian power steering dengan power monitor yang lebih tinggi, steering gear dengan gear ratio yang lebih renda,” tutur Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya