Spesifikasi Mobil Kim Jong Un Hadiah dari Putin, Pesaing The Beast

Aurus Senat
Sumber :
  • Paultan

Moskow, 21 Februari 2024 - Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un menerima sebuah hadiah mewah dari Presiden Rusia Vladimir Putin, yaitu mobil limusin Aurus Senat.

Daftar Harga Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Baru April 2024

Hadiah ini diberikan dalam kunjungan kenegaraan Kim Jong Un ke Rusia, meskipun di tengah sanksi PBB yang melarang pemberian barang mewah kepada Korea Utara.

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Carscoops, limusin Aurus Senat merupakan kendaraan buatan Rusia yang dirancang khusus untuk para pemimpin negara.

Video Pengendara Motor Tertabrak Pikap, Terpental hingga Masuk Selokan

Kendaraan ini terkenal dengan kemewahan dan keamanannya yang tinggi. Putin sendiri menggunakan Aurus Senat sebagai kendaraan dinasnya.

Mobil mewah Kim Jong Un

Photo :
  • Kyodo News
Cara Blokir Kendaraan Online biar Terhindar Pajak Progresif

Pemberian hadiah ini menimbulkan pertanyaan tentang kepatuhan Rusia terhadap sanksi PBB. Resolusi PBB yang disetujui, termasuk oleh Rusia, melarang pemberian barang mewah kepada Korea Utara sebagai upaya untuk menekan negara tersebut agar menghentikan program nuklirnya.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan bahwa Putin memutuskan untuk memberikan hadiah ini setelah Kim menunjukkan kekagumannya terhadap Aurus Senat saat mengunjungi kosmodrom Vostochny di Rusia pada bulan September 2023.

Peskov menuturkan, bahwa Korea Utara adalah tetangga dekat Rusia dan Putin ingin menjalin hubungan baik dengan negara tersebut.

Pengamat internasional mengkritik tindakan Putin karena dianggap sebagai pelanggaran terhadap sanksi PBB dan dapat memperkuat rezim Kim Jong-un.

Sebagai informasi, Aurus Senat dirancang khusus supaya bisa melindungi penumpangnya dengan aman. Bodinya dilapisi bahan antipeluru, demikian pula dengan kaca yang tidak mempan ditembak dari jarak dekat.

Limusin buatan perusahaan Aurus asal Rusia tersebut memliki dimensi panjang 6,6 meter, lebar 2 meter dan tinggi 1,7 meter. Bobotnya 6,2 ton, membuat pabrikan harus memasang mesin spesial.

Mobil Vladimir Putin, Aurus Senat L700

Photo :
  • caranddriver

Aurus Senat yang dibuat untuk Putin dibekali jantung penggerak delapan silinder 4.400cc rancangan Porsche, yang disematkan dua turbo dan dibantu oleh motor listrik sehingga menjadikannya sebagai mesin hybrid.

Pesaing dari Aurus Senat adalah Cadillac milik Presiden Amerika Serikat, Joe Biden yang memiliki julukan The Beast. Kendaraan ini merupakan hasil gabungan dari sasis truk GMC dan bodi yang dirancang oleh Cadillac.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya