Raja Malaysia Jadi Pemilik Pertama Mobil Andalan Xi Jinping

Hongqi L5 milik Raja Malaysia, Sultan Ibrahim Iskandar
Sumber :
  • Facebook officialsultanibrahim

Kuala Lumpur, 16 April 2024 – Raja Malaysia, Duli Yang Maha Mulia Yang di-Pertuan Agong Sultan Ibrahim Iskandar menjadi orang pertama yang memiliki mobil mewah asal China, Hongqi L5. Kendaraan ini sebelumnya hanya digunakan oleh Presiden China, Xi Jinping.

Sedan Baru 5,3 Meter Ini Fiturnya Mewah Banget

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Facebook resminya, Sultan Ibrahim menerima pengiriman kendaraan tersebut, setelah pertemuan dengan duta besar China untuk Malaysia, Ouyang Yujing, yang datang untuk membahas hubungan bilateral antara kedua negara serta isu-isu terkini.

Mobil yang diproduksi oleh Grup FAW dengan desain retro itu kerap menjadi andalan Xi Jinping, untuk menghadiri acara pemerintah dan diplomatik.

Kerja Sama Agroteknologi dengan Kerajaan Negeri Pulau Pinang Malaysia, Dave Laksono Sambut Baik

Hongqi L5 yang dimiliki Sultan Ibrahim Iskandar merupakan geneasi kedua, yang diluncurkn pada April 2023 di Auto Shanghai 2023 dan tampil dengan desain retro yang terinspirasi dari model klasik CA770.

Hongqi L5 milik Raja Malaysia, Sultan Ibrahim Iskandar

Photo :
  • Facebook officialsultanibrahim
Kaleng Susu Isi 16 Kg Sabu dari Malaysia Masuk Indonesia Lewat Kaltara Digagalkan

Hongqi L5 memiliki dimensi yang terbilang besar, dengan panjang 5.980 mm, lebar 2.090 mm, dan tinggi 1.710 mm. Wheelbase mobil ini mencapai 3.730 mm, memberikan ruang kaki yang lega bagi para penumpangnya.

Sebagai perbandingan, Mercedes-Maybach S-Class generasi ketujuh (Z223) memiliki dimensi yang lebih kecil dengan panjang 5.470 mm, lebar 1.954 mm, tinggi 1.503 mm, dan wheelbase 3.396 mm.

Desain interior Hongqi L5 juga menggabungkan unsur klasik dan modern. Penggunaan bahan-bahan berkualitas tinggi seperti kulit dan kayu memberikan nuansa mewah dan nyaman.

Hongqi L5 milik Raja Malaysia, Sultan Ibrahim Iskandar

Photo :
  • Facebook officialsultanibrahim

Mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, termasuk layar sentuh besar untuk sistem infotainment, sunroof, dan sistem audio premium.

Dapur pacunya mengandalkan mesin V8 4.0 liter turbocharged, yang menghasilkan tenaga 382 daya kuda dan torsi 440 Nm. Mesin ini dipadukan dengan transmisi otomatis delapan kecepatan dan sistem penggerak semua roda.

Di China, Hongqi L5 dibanderol dengan harga mulai dari 5 juta yuan atau setara Rp11 miliar. Mobil ini menjadi pilihan bagi para konsumen yang menginginkan sedan mewah dengan desain unik, performa bertenaga, dan interior yang nyaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya