Diam-diam Honda Civic Hybrid Hadir, Pakai Mesin dan Teknologi CR-V e:HEV

All New Honda Civic RS.
Sumber :
  • Dok: HPM

VIVA – Honda menargetkan pada 2040 hanya fokus menjual mobil listrik berbasis baterai. Tapi sebelum masuk ke tahap tersebut, sejumlah model yang dijualnya saat ini dibenamkan teknologi e:HEV (Hybrid Electric Vehicle).

Persaingan Mobil Low SUV, Suzuki XL7 Lebih Laku dari Daihatsu Terios

Terbaru adalah Honda Civic Hybrid. Jika sebelumnya sedan legendaris mereka itu hanya ditawarkan dengan mesin turbo, kini untuk pasar Amerika Serikat hadir dalam versi hybrid, seperti dikutip Carscoops, Rabu 22 Mei 2024.

Secara desain tidak ada perbedaan mencolok, Honda Civic facelift tersebut bukan sekadar memberikan kosmetik pada bagian eksterior, melainkan powertrain terbaru sehingga sedan itu lebih ramah lingkungan.

Daftar Pilihan Mobil Toyota per Juni 2024 Harga Rp 200 Jutaan

Jantung pacunya mirip All New CR-V e;HEV, yaitu mengandalkan mesin bensin berkapasitas 2.000cc yang dikawinkan dengan dua motor listrik sebagai sumber penggerak rodanya.

Berkat perpaduan tersebut, Civic Hybrid bisa menyemburkan tenaga maksimal 200 dk, dan torsi 315 Nm, namun sayangnya baru dirilis untuk pasar Amerika Utara, itupun statusnya masih perkenalan belum dijual resmi.

Video Viral Suzuki XL7 Hybrid Terbakar di Batam, Hal Ini Jadi Penyebabnya

Sehingga pabrikan mobil berlogo H tersebut belum secara detil mengumumkan spesifikasi produk barunya tersebut. Jika melihat kemampuan dari powertrain barunya, lebih unggul dibandingkan versi konvensional.

Untuk pasar Indonesia, hanya tersedia satu varian, yaitu Civic RS mengandalkan mesin bensin empat silinder berkapasitas 1.500cc turbo DOHC. Tenaga maksimalnya 178 dk di 6.000 rpm, dan torsi 240 Nm di 4.500 rpm.

Bermodal teknologi hybrid, tentu jenama asal Jepang itu mengklaim selain memiliki tenaga lebih besar karena adanya dua sumber penggerak, dan bahan bakarnya lebih irit, begitupun dengan emisi karbon yang dihasilkan.

Selain dapur pacunya, sedan yang menjadi pesaing Toyota Corolla tersebut juga mendapatkan revisi pada sektor kaki-kaki, bagian suspensi diubah agar pengendara lebih nyaman, dengan adanya penambahan baterai di dalam mobil.

Civic generasi terbaru memiliki ampilan lebih agresif terutama tatapan lampu utamanya semakin tajam dengan sumber pencahayaan LED, dan dilengkapi DRL (Daytime Running Light) model alis.

Desain bumper depan berubah dengan menghilangkan garis-garis tajam, logo H di tengah grill atas yang minimalis tetap tegak.

Bodi samping serupa dengan sebelumnya, hanya pelek yang berubah menjadi palang lima dual tone 17inci. Bumper dan bagasi belakang tampak mancung dengan guratan minimalis layiknya sedan pada umumnya.

Lampu pengereman awalnya seperti capitan kepiting menjadi lebih besar, bentuk bodi belakang tepat di akses buka pintu bagasi sekailas mirip NSX. Ditambahkan spoiler layiknya ducktail agar menambah unsur sporty.

Teknologi keamananya didukung Honda Sensing yang meliputi CMBS (Collision Mitigation Braking System), ACC with LSF (Adapative Cruise Control with Low-Speed Follow), LKAS (Lane Keeping Assist System), dan lain-lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya