Tahun Ini Ada Mobil Listrik Buatan Cikampek yang Siap Dijual di Indonesia

GAC Aion Y
Sumber :
  • GAC Aion

VIVA – Indonesia diserbu mobil China, ada banyak merek pendatang baru asal Tiongkok yang berlomba-lomba menancapkan kuku bisnisnya. Namun sebagian besar dari mereka bukan hanya sekadar jualan.

Kendaraan Listrik Bukan Satu-satunya Alat Memerangi Emisi Karbon

Ada beberapa merek asal negeri tirai bambu itu yang merakit produknya di dalam negeri, baik itu mendirikan pabrik sendiri, ataupun memanfaatkan tempat perakitan mobil yang sudah ada di Indonesia.

Salah satu brand pendatang baru yang ingin memproduksi produk-produknya di dalam negeri adalah GAC Aion New Energy Automotive Co., Ltd yang masuk ke pasar otomotif Tanah Air melalui Indomobil Group.

Berburu Diskon Mobil Listrik Menarik di Jakarta Fair 2024

Meski untuk kebutuhan pasar Asia mereka sudah punya pabrik di Thailand, selain China, namun GAC Aion juga akan merakit produknya di Indonesia. Hal itu disampaikan Chief Executive Officer PT Indomobil Energi Baru, Andry Ciu.

“Pada akhir tahun ini, kami akan mulai produksi secara Completely Knocked Down (CKD) di salah satu fasilitas pabrik kami,” ujar Ciu, dikutip dari keterangannya, Rabu 22 Mei 2024.

Konsumen Belum Terima Unit, Mobil Baru BYD Meluncur Lagi Bulan Depan

Artinya brand yang bermarkas di Guangzhou tersebut untuk tahap awal memanfaatkan salah satu pabrik Indomobil, bukan mendirikan manufaktur sendiri yang cendrung memerlukan investasi lebih besar.

“Secara bertahap kami akan membangun ekosistem lengkap, termasuk mendirikan fasilitas komponen mobil listrik yang penting di sini,” tuturnya.

Strategi tersebut sudah diterapkan oleh dua brand China, yaitu Chery dan Neta yang mengandalkan pabrik PT Handal Indonesia Motor di Pondok Ungu, Bekasi, di mana pabrik itu awalnya merakit beberapa mobil Hyundai.

Saat ini Indomobil memiliki beberapa tempat perakitan mobil, di luar dari Suzuki, mereka memiliki PT National Assemblers di Cikampek, Jawa Barat yang digunakan Volkswagen untuk merakit salah satu model mereka.

Pabrik tersebut yang dimanfaatkan GAC Aion untuk merakit beberapa modelnya, bukan hanya untuk kebutuhan pasar domestik, namun mobil pelahap seterum rakitan Cikampek itu juga akan di ekspor ke berbagai negara.

“Pabrik GAC Aion di Indonesia tidak hanya akan memenuhi permintaan dalam negeri tetapi juga menjadi basis ekspor ke mancanegara, di mana pada tahapan awal, model mobil listrik GAC Aion Y Plus yang akan memulai debutnya pada Juni mendatang,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya