Avanti, Mobil Sport Pertama India

Avanti, mobil sport pertama India
Sumber :
  • Car Scoop

VIVAnews - India dikenal dengan produksi mobil-mobil murah seperti Tata Nano dan Bajaj RE60. Tak sekalipun terpikir bahwa India akan membesut mobil sport. Karena predikat utama produsen mobil sport dunia saat ini masih disandang industri otomotif Italia.

Sebut saja mobil sport nan-mewah seperti Ferrari dan Lamborghini yang kerap diproduksi dengan jumlah terbatas. Tapi kini, India melirik segmen itu. India mulai mencoba masuk ke segmen yang sangat terbatas ini.

Seperti dilansir Car Scoop, mobil sport perdana besutan India sudah diluncurkan pada DC Design pada ajang New Delhi Auto Expo 2012. Mobil sport buatan India diberi nama Avanti.

Salah satu karya terbaik ini tak lepas dari tangan dingin mantan desainer asli India yang telah lama malang-melintang di General Motor, Dilip Chhabria. Nama perusahaan DC Design ini diambil dari inisial Dilip Chhabria, desainer handal prototipe. Prototipe The Avanti sudah diluncurkan pada ajang pameran itu. Pabrik mobil sport ini akan dibangun di Talagon.

"Setiap negara yang telah menuliskan namanya di jajaran pabrikan manufaktur ingin memiliki ciri tersendiri. Caranya, dengan menciptakan mobil sport warga negaranya sendiri. Saya berpikir bahwa India benar-benar menginginkan berada di jajaran klub eksklusif ini," kata Chhabria.

Chhabria menegaskan bahwa desain ini murni karangan mereka. Begitu juga dengan proses produksinya. "Untuk jenis dan tes di jalan nanti akan segera menyusul," kata dia.

Sebagai gebrakan awal, DC Design rencananya akan memproduksi 300 unit Avanti pada tahun 2013 sampai 2014. Bila semua berjalan baik dan lancar, produksi akan ditingkatkan menjadi empat digit pada tahun berikutnya.

Spesifikasi

Prototipe yang sudah dipamerkan itu menggunakan sasis spaceframe ringan yang kaku. Fitur suspensi wishbone ini juga dilengkapi peredam kejut pada kedua as roda. Prototipe yang dipamerkan menggunakan velg 19 inchi dan ukuran ban depan 255/35 dan ban belakang 295/30.

Untuk pengereman dilengkap rem cakram 330 mm berventilasi dengan kaliper AP Racing. Mesin 2.0 turbocharged dengan empat silinder EcoBoost dari Ford siap membesut pengemudi dengan kekuatan 240 tenaga kuda dan 366Nm dari torsi. Enam tingkat kecepatan siap membawa kenyamanan bagi pengemudi.

Kekuatan mesin itu akan memboyong berat bersih mobikl sekitar 1.562 kilogram. Berapa harganya? Kemungkinan mobil sport perdana India ini akan dilego sekitar US$56,000. Tetapi, banyak kalangan menilai harga itu kurang layak. (eh)

Dewan Pers Tolak Mentah-mentah RUU Penyiaran, Ini Alasannya
Chelsea Tilford

Dari FTV, Chelsea Tilford Kini Terjun Sebagai Penyanyi

Untuk mengasah kemampuannya sebagai penyanyi, Chelsea belajar dari musisi senior seperti Soimah dan Meltho (mantan anggota PASTO).

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024