Mobil Jadul Mirip Roti Tawar Ini Ternyata Bertenaga Listrik

Ford Comuta.
Sumber :
  • www.carscoops.com

VIVA.co.id - Mobil listrik dewasa kini kian santer disuarakan beberapa produsen otomotif. Mobil ini mulai dilirik lantaran ramah lingkungan dan tentunya lebih irit di kantong konsumen.

Namun tahukah Anda jika teknologi mobil listrik sudah ada di era 1960-an. Ya, seperti dilansir Carscoops, Selasa 17 Februari 2015, bukti dari Electric Vehicle (EV) sudah ada sejak dahulu adalah fakta, dengan adanya mobil bernama Ford Comuta.

Mobil yang berbentuk seperti roti tawar ini merupakan kendaraan listrik yang dibekali empat baterai 12 Volt yang dapat menjangkau jarak maksimum 37 mil atau 60 kilometer (km). Dilaporkan, mobil berukuran mungil ini dapat melesat pada kecepatan 25 mph atau 40 km per jam dengan kecepatan maksimum 37 mph atau 60 km per jam.

Wired Leonard Crossland, selaku Managing Director saat itu, mengatakan pihaknya berharap jika mobil listrik ini dapat menjadi laik dalam 10 tahun ke depan.

Kenalkan, Ini Calon Mobil Listrik Tercepat Sejagat

http://2.bp.blogspot.com/-VWmikKd5w-g/VN3wbpX737I/AAAAAAAAJfQ/tvS0GPbtweA/s1600/Comuta-4.jpg

"Meskipun kami percaya jenis kendaraan ini akan digunakan terutama untuk mobil pengantar di dalam kota atau mobil belanja di pedesaan. Mesin pembakaran internal masih menjadi yang utama untuk perjalanan jarak jauh dan penggerak industri otomotif, tapi kami juga yakin kalau mobil listrik punya peran menemukan masa depan transportasi manusia nantinya," ujar Crossland saat peluncuran, 1967 silam.

Namun, setelah 10 tahun berlalu, mobil konsep Comuta ternyata tidak dilakukan pengembangan lagi. Mobil itu kini hanya sebagai saksi bisu perkembangan otomotif dunia yang terabaikan dan kini tersimpan di Museum Ilmu Pengetahuan London, di Inggris.

http://1.bp.blogspot.com/-fb-CMkk4IA0/VN3wa8hp87I/AAAAAAAAJfE/edTwpw_jolM/s1600/Comuta-2.jpg

Setidaknya, meski saat ini banyak produsen mobil berlomba-lomba membuat kendaraan listrik, Comuta berhasil menjadi pelopornya. (one)

Mobil Listrik Tesla Terbakar Saat Dicas

Lihat videonya di bawah ini:



Baca juga:

Ini Lima Mobil Listrik Paling Keren di Dunia

Konsep mobil listrik Apple

Ini Penampakan Mobil Listrik Besutan Apple

Rencananya akan meluncur pada 2019.

img_title
VIVA.co.id
9 Januari 2016