Daftar Mobil Terlaris di Sejumlah Negara, Ada Avanza

Toyota Avanza dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show 2013.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Toyota merupakan salah satu merek otomotif yang dikenal laris di banyak negara. Di Indonesia, Toyota bersinar dengan Avanza-nya. Ya, setiap bulan, mobil keluarga alias Multi Purpose Vehicle (MPV) biasanya laris 12 ribu unit.

Avanza merupakan contoh kecil dari mobil-mobil lain yang laris dalam hal peruntungannya. Setidaknya, mobil terlaris di beberapa negara berbeda-beda.

Dilansir Autoexpress, Senin 22 Juni 2015, di Jepang, Honda N-Box merupakan mobil paling laris di sana. Di Iran, mobil yang paling laris di sana dikuasai Peugeot Pars.

Meski terdengar asing, mobil-mobil tersebut sukses mencuri perhatian penduduk dunia dengan beragam hal yang ditawarkannya. Lantas, bagaimana di negara-negara lain? Baca daftarnya di bawah ini:

1. Hawtai Lusheng E70

Belum Lama Meluncur, Penjualan Calya Sudah Salip Agya

Hawtai Lusheng E70

Hawtai adalah perusahaan otomotif asal Tiongkok yang berkerjasama dengan Hyundai sejak 2002. Meski mobil ini buatan Tiongkok, namun mobil tersebut ternyata sangat disukai di Korea Utara. Bahkan, mobil dengan grill berbentuk sarang lebah ini menjadi yang terlaris di Korea Utara.

2. VW Gol


VW Gol

Avanza-Xenia Keluaran 2012 Paling Banyak Diburu, Kenapa?

Mobil asal Jerman ini rupanya menjadi paling laris di pasar Amerika Latin. Bahkan di Brasil, selama 28-30 tahun terakhir, mobil ini selalu menjadi best seller. Di seluruh Amerika Latin mobil ini mampu terjual 350 ribu unit pada 2014.



3. Haval H6

Calya Punya Potensi 'Makan' Pasar Kakak Kandungnya


Haval H6

Haval H6 merupakan mobil yang dibuat oleh perusahaan ternama Tiongkok, Great Wall. Di negaranya, mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) ini menjadi yang terlaris di Tiongkok. Karena peminatnya makin besar, tahun ini Haval H6 ditargetkan masih akan menjadi 'Raja SUV' dengan penjualan mencapai 400 ribu unit.

4. Toyota Avanza


Toyota Avanza

Di Indonesia, mobil ini berjuluk kendaraan sejuta umat. Sebab, mobil MPV ini diminati banyak masyarakat Indonesia. Selain harganya yang terjangkau, konsumsi bahan bakar Avanza juga tergolong irit. Hal ini merupakan salah satu tolak ukur masyarakat Indonesia sebelum membeli mobil. Soal penjualan, Avanza rata-rata terjual 12 ribu unit.

5. Lada Granta


Lada Granta

Granta tergolong belum lama dalam hal debut. Mobil buatan Rusia ini pertama kali hadir pada 2010 lalu. Meski baru, mobil ini sukses menyedot banyak perhatian. Soal penjualan, mobil ini mendominasi pasar domestik dengan kontribusi 17,7 persen di 2015.

Selama empat bulan pertama di 2015, Lada Granta sukses terjual sebanyak 41.071 unit, dan di Khazakhstan sebanyak 4.011 unit.

6. Geely Emgrand EC7


Geely Emgrand EC7

Mobil ini merupakan salah satu hasil terobosan terbaru dari Gelly setelah mengakuisisi Volvo dari Ford pada 2010. Mobil ini merupakan sedan terlaris di China dengan penjualan 75.189 unit selama beberapa bulan pertama di 2015. Pada 2013, mobil ini laris terjual sebanyak 200 ribu unit. Selain di China, EC7 juga laris di Ukraina dan Mesir.



7. Iran Khodro Samand


Iran Khodro Samand

Mobil ini sangat laris di negara asalnya, Iran. Perusahaan ini merupakan mitra perusahaan otomotif di Iran yang merupakan kerjasama antara Peugeot dan Renault. Selain Iran, Samand juga terkenal di Senegal, Suriah, Belarus, Azerbaijan, Venezuela, dan Tiongkok.
 
8. Honda N-Box


Honda N-Box

Mobil ini masuk ke dalam konsep Kei Car yang diinisiasi Pemerintah Jepang. Kei Car diklaim sesuai dengan karakter perkotaan yang padat. Maka itu, bentuknya pun kecil, dan hanya ditanami mesin berkapasitas kecil. N-Box merupakan yang terlaris di Negeri Sakura itu. Torehan penjualannya selama di kuartal pertama 2015, yakni 79.717 unit.

9. Matchedje F16


Matchedje F16

Mobil pikap dua kabin ini menjadi yang terpopuler di Mozambik. Agar menjadi murah, mobil yang diinvestasikan China melalui Matcedje Motors ini kemudian dirakit secara lokal. Nama Matcedje sendiri diambil dari sebuah desa bersejarah di Mozambik. Karena diseiapkan sebagai mobil laris, Matchedje F16 ditargetkan dapat produksi satu juta unit pada 2025.

10. Mobius II


Mobius II

Mobius II merupakan mobil nasional pertama Kenya. Penjualannya cukup banyak. Mobil yang memiliki kemampuan melahap medan off-road ini sengaja dibuat sesuai dengan kontur jalan di sana, dan lihai menangani jalan rusak, hingga nyaman di jalan pedesaan dan perkotaan.


11. Peugeot Pars


Peugeot Pars

Peugeot Pars memang terlihat tampak akrab jika melihat penampilannya. Hal itu karena Peugeot Pars lahir dari sebuah penyegaran Peugeot 405 yang diluncurkan di Iran pada 1999. Mobil ini termasuk yang terlaris di sana. Selama 12 bulan terakhir, Peugeot Pars dapat terjual sekira 265.405 unit. Angka ini menjadi penjualan Peugeot terbaik di seluruh dunia.

12. Wuling Hongguan V


Wuling Hongguang V

Mobil asal Tiongkok ini baru meluncur pada bulan Januari lalu. Namun, penjualannya langsung meroket dan mencetak sejarah di dunia. Bagaimana tidak, dalam sebulan mobil ini terjual sebanyak 30 ribu unit. Di Maret saja, mobil ini mencatatkan angka penjualan 30.003 unit.

13. Dongfeng Rich

Dongfeng Rich

Dongfeng menjadi berita utama tahun lalu setelah mengakuisisi 14 persen saham PSA Peugeot-Citroen. Perusahaan ini diketahui juga menjual kendaraan sendiri, di antaranya pikap dua kabin Dongfeng Rich. Mobil ini diketahui laris manis di Venezuela, mengalahkan Mitsubishi Lancer dan Toyota Corolla.

14. ZAZ Sens


ZAZ Sens

Mobil ini memang terlihat seperi Daewoo Lanos. ZAZ merupakan mobil yang diproduksi di Ukraina, dan menjadi yang terlaris di sana. Mobil ini sangat laris pada 2014 lalu akibat krisis Krimea. Mengikuti di bawahnya, ada Toyota dan Geely.

15. Wuling Hongguang


Wuling Hongguang

Mobil ini termasuk dalam kendaraan terlaris di Tiongkok. Mobil dengan merek lokal China ini mencatatkan angka penjualan sebanyak 1,4 juta unit pada tahun 2014 saja. Perusahaan ini diketahui ada andil General Motors dengan saham sebanyak 44 persen melalui joint-venture dengan produsen mobil China SAIC Group.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya