SPG IIMS: Kami Tidak Jual Diri

Dua SPG IIMS 2015
Sumber :
  • VIVA.co.id / Ade Alfath

VIVA.co.id - Tidak hanya memamerkan produk-produk otomotif, ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 juga dihiasi oleh ratusan sales promotion girl (SPG) cantik dan seksi. Kehadiran mereka memberi 'keindahan' tersendiri di antara jejeran produk otomotif yang ada.

Nissan-Datsun Perluas Jaringan hingga Aceh

VIVA.co.id sempat berbincang dengan Ayunda (25), salah seorang SPG di booth mobil asal Jepang, Nissan. Gadis berkulit putih itu mengungkapkan, sesuai namanya, SPG bertujuan untuk mempromosikan suatu produk kepada konsumen, hingga konsumen tersebut tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Tidak hanya mengandalkan tampang, Ayunda menyebut SPG dibekali pengetahuan produk yang ditawarkan, walaupun tidak terlalu detail.

"Kita tahu kok produknya, sebelum pameran di-training dulu. Cuma jika konsumen tertarik membeli, untuk detail kita arahkan ke sales," kata Ayunda yang mengaku telah tujuh tahun menjadi SPG.

Apakah SPG sekedar pemanis? Ayunda juga tidak sepenuhnya menampik anggapan seperti itu. Menurutnya, kecantikan SPG salah satunya memang bertujuan menarik perhatian pengunjung.

"Kehadiran SPG itu penting, kalau pameran tanpa SPG itu ibarat sayur tanpa garam," kata Ayunda sembari berkelakar.

Walaupun bekerja dengan sistem shift, Ayunda mengaku tidak keberatan. Dia mengaku penghasilan yang diterimanya sebagai SPG pun cukup besar.

Untuk anggapan negatif yang sering diamatkan kepada SPG, Ayunda menyebut tidak terlalu memikirkan. Dirinya hanya menjalankan tugas untuk menawarkan produk.

"Yang penting saya tidak menjual diri, saya hanya menjual produk" katanya.

Paramitha Putri, SPG atau usher otomotif

Paramitha Putri Rela Tampil Seksi Demi Lanjutkan Kuliah

Ia mengaku kerap digoda pria-pria nakal.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016