Membongkar 'Ritual' Ketok Magic

Bengkel ketok magic 
Sumber :
  • Herdi/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Seiring semakin meningkatnya jumlah kendaraan, hal itu pun berdampak pada menjamurnya jumlah bengkel yang ada di Indonesia. Namun yang menarik, tak hanya bengkel resmi yang menjamur.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Bengkel ketok magic juga masih banyak ditemukan. Di Indonesia, bengkel ini memang telah lama muncul. Namun tentu tak banyak yang tahu bagaimana kerja sebenarnya dari bengkel ini.

Dengan embel-embel nama magic dan tempat yang tertutup rapat, ketok magic kerap kali dikait-kaitkan dengan adanya unsur magis atau ilmu-ilmu yang sulit dimengerti nalar manusia. Nah, kali ini VIVA.co.id mendapat kesempatan membongkar 'ritual' di bengkel ketok magic.

Ternyata, ketok magic sama sekali tak menggunakan ajian-ajian khusus atau menggunakan bantuan jin. Bengkel ini murni mengandalkan keahlian dari para montirnya. Hal itu diungkapkan Abai, salah satu montir ketok magic Pandu Motor yang terletak di Jalan Pramuka no 250.

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu

Menurut Abai, ketok magic itu merupakan bengkel biasa menerima pasien yang rata-rata mobilnya dengan kondisi penyok dan kondisi cat yang mengelupas serta beberapa hal lainnya.

"Yang jelas Ketok Magic itu pengerjaanya cepat, tapi tidak asal-asalan. Kami punya keterampilan tangan yang ahli dibidang ini,” kata Abai, Selasa 3 Oktober 2015.

Menurut Abai, sama seperti pekerjaan lainnya, jika sudah ahli dalam mengerjakan apapun, tentunya bisa sangat cepat dilakukan. Lalu kenapa ketok magic harus dilakukan ditempat tertutup dan konsumen tidak boleh melihat?.

"Dulu ditutup mungkin karena keahliannya terbatas, tapi sekarang pintu ditutup dan konsumen tak boleh lihat itu supaya mereka tidak banyak sok ngajarin dan ngatur. Serahkan saja sama kita, kita tahu mana yang harus diperbaiki,” katanya.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Abai pun menuturkan, bahwa ketok magic memang memiliki proses yang sangat cepat dalam hal pengerjaan memperbaiki bodi mobil. Untuk merapihkan beberapa bagian panel yang penyok hal itu bisa dilakukan dalam waktu 30 menit.

"Tapi cepat lama pengerjaan tergantung seberapa parah dan bagian mana yang penyok,” kata Abai.

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016