Kijang Innova Terbaru Juga Bisa Tenggak Solar Biasa

Peluncuran All New Kijang Innova di Jakarta, Senin (23/11/2015).
Sumber :
  • FOTO: VIVA.co.id/Herdi Muhardi

VIVA.co.id - PT Toyota Astra Motor (TAM) merombak mobil keluarga MPV (Multi Purpose Vehicle) andalan legendarisnya Toyota Kijang. Kijang terbaru generasi ke-6 ini dikenal dengan sebutan All New Kijang Innova.

Kesempatan untuk menjajal All New Kijang Innova pun diberikan PT TAM dengan tempat pengetesan dilakukan di sejumlah kawasan di Pulau Dewata, Bali.

Rasa penasaran pun timbul kala dalam pengetesan kali ini juga menyuguhkan mesin diesel, yang disebut-sebut tenaga dan akselerasi yang dihasilkan cukup besar untuk sekelas mobil keluarga.

Menariknya, menurut General Repair Service Manager Workshop Department Technical Service Division PT TAM, Iwan Abdurahman, meski konsumsi mesin diesel berupa solar dengan angka cetane 48 (setara ron 92 bensin), All New Kijang Innova  juga bisa meminum solar yang saat ini dijual di stasiun pengisian bahan bakar umum.

"Diisi solarpun bisa, tidak masalah. Mesin tak terganggu," ungkap Iwan saat ditemui disela media test drive All New Kijang Innova, Kamis 3 November 2015.

Kendati demikian, Iwan tak menampik bahwa dengan penggunaan solar di bawah standar pengujian Toyota, tentunya hal itu dapat membuat performa kurang optimal.

Iwan juga menyatakan, jika All New Kijang Innova meminum solar cetane 48, maka, hal itu juga akan berpengaruh terhadap penggunaan filter bahan bakar yang menjadi lebih awet.

"Filter dirancang tahan hingga 100 ribu kilometer, bahkan menggunakan solar biasa, secara teori juga bisa mencapai jarak sejauh itu," klaim Iwan.

"Sejatinya, varian diesel itu menggunakan teknologi yang bisa memaksimalkan performa. Sehingga tenaganya lebih besar dibanding generasi sebelumnya," tambah Iwan.

Ketangguhan performa varian diesel All New Kijang Innova ini memang menyematkan mesin baru dari generasi 2GD FTV, 2.393 cc, 4 silinder, in-liner, 16 valve, DOHC dan dibenamkan teknologi VNT (Variable Nozzle Turbo) Intercoller. Alhasil mobil ini mampu memantik tenaga hingga 149 PS dan torsi 34,9 kgm.

Meski mesin diesel, namun All New Kijang Innova ini telah dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan dan transmisi 6 percepatan dengan sport sequetial shiftmatic.

Daftar 5 Merek Mobil Paling Laris, Toyota Menjauh

(ren)

Pekerja sedang mengecek mobil Kijang Innova di Pabrik Toyota Karawang 1.

Tahun Ini, Toyota Telah Produksi 250 Ribu Mobil

Sebanyak 50 persen untuk domestik dan 50 persen untuk ekspor.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016