Honda: Munculnya SUV Tak Memangsa City Car atau LCGC

Honda Jazz.
Sumber :
  • Dok: Honda

VIVA.co.id - Persaingan Toyota dan Mitsubishi dalam menghadirkan mobil SUV (Sport Utility Vehicle) 7 seater atau tujuh penumpang memang cukup panas di 2016. Hal itu membuat pamor mobil-mobil kecil seperti city car dan LCGC seperti meredup.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Ya, Toyota baru saja meluncurkan Fortuner terbaru. Tak lama lagi, Mitsubishi juga akan menghadirkan Pajero paling gres.

Namun, menurut Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fand, keberadaan city car dan LCGC yang mayoritas dengan kapasitas lima penumpang akan tetap eksis.

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu

"5 seater dan 7 seater berbeda sekali karakternya terlebih kondisi jalanan di Jakarta kan macet. Mungkin (SUV) untuk anak-anak muda jarang. Dulu mungkin, karena tidak ada pilihan, jadi first car itu yang 7 seater semua,” ungkap Jonfis, Minggu, 24 Januari 2016.

Lain halnya ketika city car dan LCGC ramai bermunculan. Kata Jonfis, saat kedua segmen tersebut terlahir, konsumen menjadi pecah dan mulai berpindah ke arah mobil yang lebih kecil dengan kapasitas lima penumpang.

Jonfis menyatakan, mobil kecil lima penumpang cocok untuk beberapa karakter seperti pemula (orang yang pertama kali membeli mobil), ibu-ibu, dan juga anak muda seperti mahasiswa.

"Untuk keseharian, mereka tidak perlu mobil berbodi panjang. Tapi kalau weekend, mereka akan pakai mobil besar. Karakter itu sudah mulai terbentuk. Dan itu membuktikan tidak ada makan memakan sama sekali,” jelasnya. (ase)

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016