Mobil Terkecil di Dunia Dijual, Harganya?

Peel P50.
Sumber :
  • http://blog.hemmings.com

VIVA.co.id - Umumnya ketika membeli sebuah mobil, konsumen biasanya menilai kualitas dan kenyamanan saat berada di dalamnya. Luasnya dimensi mobil merupakan salah satu faktor pendukung kenyamanan sebuah kendaraan.

Tetapi diketahui ada beberapa mobil justu diciptakan dengan ukuran kecil. Tidak hanya meliputi ukuran bodi saja, melainkan juga mencakup ruang kabin, pelek dan ban, mesin, hingga aksesori lainnya yang dibuat lebih minimalis. Bukan sepi peminat, mobil itu bahkan sempat digemari karena dianggap ringkas dan nyaman dilalui membelah jalanan kota.

Salah satu mobil yang menarik perhatian karena wujudnya yang mungil adalah, Peel P50. Mobil ini bahkan dinyatakan oleh Guinness World Records sebagai mobil produksi terkecil di dunia. Mobil ini diketahui diciptakan pada awal tahun 60-an dengan harga jual saat itu US$280 per unit atau setara dengan Rp3,6 juta.

Seperti dilansir Boldride, Jumat, 4 Maret 2016, Peel P50 kembali menarik perhatian karena akan dilelang di RM Sotheby’s Amelia Island pada bulan ini. Mobil mungil tersebut disebutkan mampu terjual hingga US$75 ribu sampai US$100 ribu atau setara dengan Rp984 juta – Rp1,3 miliar.

Mobil ini hanya memiliki ukuran 104 cm, terbuat dari fiberglass dan terdapat kursi pantai untuk satu penumpang. Meski hanya memiliki tiga roda, mobil ini mampu melaju hingga kecepatan 160 km per jam.

Untuk dapur pacunya, mobil ini dibekali mesin berkapasitas 49cc yang mampu menyeburkan tenaga hingga 4,5 horse power dan dikawinkan dengan transmisi manual tiga-percepatan.

Sebagi informasi, P50 dikembangkan sebagai bukti konsep menguji batasan seberapa kecil sebuah mobil mampu diciptakan. Mobil ini resmi diperkenalkan pada Motorcycle Show pada tahun 1962.

Ini Harga Agya-Ayla Bekas Usai Calya-Sigra Hadir
Ilustrasi mobil di parkir di rumah

Calya-Sigra Muncul, Pedagang Mobil Bekas Mengeluh

Penjualan mobil bekas menurun pasca lebaran.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016