Spooring Tanpa Balancing, Boleh?

Spooring roda mobil.
Sumber :
  • Kiosban

VIVA.co.id – Pasti Otovivars pernah merasakan mobil bergetar dan tidak nyaman disertir karena roda mobil tidak stabil dan seimbang?

Dulu Pakai Benang, Kini Alat Spooring Dibekali Kamera

Pada saat dikendarai, mobil Anda terasa menarik ke satu sisi entah kanan atau kiri dan pada kecepatan tertentu ada gejala getar pada setir atau bodi mobil Anda. Nah jika terjadi demikian, maka Anda sebaiknya segera melakukan pengecekan untuk di-spooring dan balancing pada roda mobil untuk memastikan kenyamanan berkendara.

Spooring merupakan proses pelurusan kaki-kaki roda? mobil yang disesuaikan dengan kondisi ban dan bodi mobil. Sedangkan balancing berarti berusaha menyeimbangkan putaran keempat roda mobil.

Mobil Jenis Ini Paling Sering Spooring dan Balancing

Namun, bolehkah spooring tanpa balancing?

Menurut Alvan, Supervisor Bengkel My Auto di Duren Sawit Jakarta Timur, spooring harus dilakukan bersamaan dengan balancing. Hal ini karena ketika mobil dilakukan spooring, maka roda mobil harus diseimbangkan agar tetap maksimal.

Bingung Mobil Butuh Spooring atau Tidak, Pakai Cara Ini

"Kalau spooring tanpa balancing itu tidak maksimal, karena fungsi balancing itu untuk menyeimbangkan roda," kata Alvan kepada VIVA.co.id, Selasa 21 Juni 2016

Ia menambahkan akibat yang akan diterima apabila hanya melakukan spooring saja dan tidak melakukan balancing dapat mengakibatkan laher roda rusak.

New Honda Mobilio 2019

Servis Rutin Mobil Kini Gak Sampai 2 Jam, Kok Bisa?

Servis mobil Honda cuma butuh waktu kurang dari 2 jam.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2020