Alasan Kenapa Ketebalan Ban Mobil Harus Rata, Wajib Tahu

Spooring roda mobil.
Sumber :
  • Kiosban

VIVA.co.id – Spooring memang berfungsi agar tapakan ban rata, sehingga saat melakukan pengereman mobil tetap stabil. Tak hanya itu, bahkan untuk menunjang performa kendaraan, kembangan ban juga harus sama.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Iwan Abdurahman, Technical Service Division PT Toyota Astra Motor, mengatakan, kondisi kembangan ban juga harus sama tebalnya atau pun bentuknya agar saat pengereman tetap stabil, tidak oleng.

"Ada saja orang yang tidak memperhatikan kondisi tebal tipisnya ban rata atau tidak, sebab kalau tebal ban kiri dan kanan berbeda akan berbahaya," ujarnya kepada VIVA.co.id, Selasa, 27 Desember 2016.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Lanjut dia, ketika pengereman jika tebalnya ban berbeda antara kiri dan kanan, daya cengkeram jadi berbeda, dan dijamin mobil itu muter. "Kecuali tebal tipisnya ban berbeda antara depan dan belakang masih bisa ditolerir," tuturnya.

Kata Iwan, tekanan ban juga harus sama, bayangkan kalau ban kiri mencengkeram lebih banyak dibanding yang kanan, berarti mobil akan memutar ke kiri saat direm.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini
Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022