Kapan Idealnya Sevis Spooring dan Balancing pada Mobil?

Spooring roda mobil.
Sumber :
  • Kiosban

VIVA.co.id – Seperti onderdil mobil yang sangat penting, kaki-kaki mobil juga memiliki tingkat kepentingan yang cukup besar. Kaki-kaki mobil perlu diberikan perawatan yang baik untuk menunjang kenyamanan saat berkendara.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Alvan, selaku supervisor Bengkel My Auto di Duren Sawit, Jakarta Timur, menjelaskan bahwa kaki-kaki mobil juga perlu mendapatkan perawatan, agar aman dalam mengendarainya.

"Supaya aman di jalan dan tidak khawatir, makanya perlu dilakukan perawatan. Biasanya untuk servis berkala, ukuran normalnya 5.000 kilometer sampai dengan 10 ribu km," kata Alvan kepada VIVA.co.id.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Ia menambahkan, perlunya servis berkala yang dilakukan pada kaki-kaki mobil, karena di jalanan seperti Jakarta, yang memiliki struktur jalan kurang bagus, ada beberapa bagian yang mengalami presisi.

"Sekarang begini, medan jalan yang ada di Jakarta kan, strukturnya jelek, sekuat-kuatnya baut mobil pasti mengalami pergeseran, karena menghantam lubang dan polisi tidur. Makanya, tidak cukup hanya satu kali. Namun, hal ini juga tergantung medan mobil yang sering dilewati saja. Kalau lewat jalan yang medannya bagus, pasti akan lebih awet," kata dia.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Ada beberapa ciri yang harus Anda waspadai dan harus dilakukan pengecekan untuk dilakukan spooring dan balancing. Salah satunya, apabila kemudi terasa tidak seimbang dan bergetar. "Perhatikan ban mobil dalam keadaan sedang parkir, dicek bagian bannya juga. Apabila, ban tidak merata berarti harus dilakukan spooring dan balancing," katanya. (asp)

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022