Jangan Mengelap Defogger Mobil Terlalu Keras, Ini Risikonya

Fitur defogger.
Sumber :
  • Indonesiautoblog

VIVA.co.id – Peran defogger bagi sebuah mobil tentu sangat penting. Terutama saat cuaca tengah tak menentu. Pasalnya, peranti penghantar panas ini tentu akan mencegah mobil Anda berembun yang diakibatkan perbedaan suhu di dalam kabin dengan di luar.

Bukan Cuma Mobil Esemka yang Pakai Nama Garuda

Untuk mengaktifkan fungsinya, disediakan tombol di area dasbor. Nantinya, energi kalor disalurkan ke seluruh permukaan kaca. Saat itulah, embun yang mengganggu pandangan pengemudi ke arah belakang akan hilang.

Nah, karena si garis emas ini terdapat di bagian kaca dalam belakang mobil. Anda perlu hati-hati saat mengelap kaca, karena jika proses lap yang dilakukan terlalu kencang akan membuat defogger ini menjadi putus dan fungsinya akan rusak.

Enggak Cuma Bebas Denda, Bayar Pajak Kendaran Juga Bisa Dapat Mobil

Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM) Iwan Abdurahman mengatakan, karena dipasang di dalam kaca belakang harus hati-hati kalau ingin mengelap kaca. Menurutnya, defogger ini hanya tembaga tipis sebagai pengantar panas untuk menghilangkan embun di kaca belakang.

"Garis emas ini terbuat dari tembaga tipis dan kemungkinan putus besar sekali. Jika di lap terlalu keras menggunakan kanebo atau lap katun, lebih baik gunakan kemoceng saja kalau ingin bersihkan debu di dalam kaca belakang," katanya saat dihubungi VIVA.co.id, Kamis, 15 September 2016.

Cara Mengganti Alamat di Surat Izin Mengemudi

Sebagai catatan, Iwan menambahkan, penggunaan peranti defogger ini juga berpengaruh pada tingkat konsumsi bahan bakar.

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022