Kerugian Beli Mobil di Akhir Tahun

Pameran otomotif GIIAS 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Akhir tahun dianggap menjadi waktu yang tepat untuk memiliki kendaraan idaman. Sebab, sejumlah diler kendaraan kerap menawarkan program rabat alias diskon besar-besaran, untuk menghabiskan stok yang tersisa.

Dirjen Kementerian Pertanian Bela-belain Patungan Rp500 Juta Buat Beliin Mobil Anaknya SYL

Tapi, jika dirunut kembali, beli mobil di penghujung tahun juga ada ruginya.

VIVA.co.id coba menggali informasi dari beberapa tenaga penjual mobil yang ada di Jakarta. Banyak tawaran menarik ditawarkan, sehubungan dengan program promosi jelang akhir tahun.

Tips Membeli Mobil Pertama untuk Pemula

"Kalau beli sekarang, saya kasih diskon hingga Rp38 juta, bahkan bisa nego lagi,” kata wiraniaga Toyota yang menawarkan Toyota Yaris kepada VIVA.co.id.

Tak hanya diskon, berbagai aksesori juga diberikan untuk dibeli dalam satu paket, termasuk upgrade audio dan interior, agar mobil makin menarik dan nyaman.

Tesla Banting Harga Mobil Listrik Model-model Ini, Diskon hingga Rp32,5 Juta

Sementara itu, tawaran lain juga datang dari tenaga penjual Honda, yang memberikan paket promosi jelang akhir tahun untuk semua model, termasuk Honda BR-V.

"Diskon Jazz RS matik Rp10 juta. Cicilan nol persen hanya berlaku untuk kredit selama dua tahun. BR-V bisa sampai Rp20 juta diskonnya, kalau pembelian kredit," kata wiraniaga Honda di Jakarta Timur.

Meski untung mendapatkan diskon yang cukup menarik, namun tidak banyak masyarakat yang menyadari, bahwa membeli mobil di akhir tahun juga ada kekurangannya.

Saat membeli mobil di akhir tahun, pada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) akan tertera tahun pembelian, sebagai contoh 2016.

Hal itu tentu akan berpengaruh,saat kendaraan akan dijual kembali. Mobil dengan tahun pembuatan 2017 akan lebih dilirik, karena dianggap masih lebih baru dibanding mobil produksi 2016.

Tak hanya itu, perbedaan tahun juga akan berdampak pada harga jual kendaraan tersebut.

Selain itu, masalah lain yang terkadang muncul saat membeli mobil di akhir tahun adalah keterbatasan stok. Warna-warna favorit akan lebih sulit ditemukan. Hal ini karena, warna favorit umumnya telah habis stoknya.

"Kita lagi menghabiskan stok, kan akhir tahun. Jadi, warnanya terbatas saja," ujar wiraniaga Toyota yang enggan disebutkan namanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya