Kaca Film Murah Jangan Sering Dibersihkan

Ilustrasi kaca film mobil.
Ilustrasi kaca film mobil.
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Beberapa orang memiliki kegeraman membersihkan mobil secara detail. Biasanya, sektor interior tidak luput dari sentuhan lap, demi mendapatkan kepuasan batin.

Namun ternyata, ada beberapa komponen mobil yang tidak dianjurkan untuk dibersihkan terus menerus. Salah satunya adalah kaca film. Hal ini berlaku khusus untuk kaca film yang dijual dengan harga murah.

Alasannya, kaca film mengandung bahan khusus yang dapat terkikis, bila sering dibersihkan dengan sabun dan lap.

"Efek buruknya, fungsi penolak panas dari kaca film tersebut akan menurun. Contohnya angkutan umum. Warna kaca film hitam, kemudian berubah jadi ungu, terus biru, setelah itu bening. Kalau sudah begitu, berarti tidak ada fungsinya lagi kaca film," ungkap Marketing PT V-Kool Indo Lestari, Nurlaela Sari, di Jakarta.

Itu sebabnya, Sari menyarankan kepada pemilik mobil agar memilih kaca film yang berkualitas. Karena, setiap produsen kaca film premium telah merancang produknya agar tidak mudah pudar atau rusak.

Selain itu, beberapa produsen juga menawarkan garansi. Biasanya, garansi diberikan selama lima tahun.

Selain itu, ia juga mewanti-wanti untuk tidak menggunakan lap berbahan kasar dan pembersih yang mengandung bahan kimia keras, saat pemilik membersihkan kaca film.