Mengenal Lebih Jauh Mobil Impian Juara One Pride MMA

Land Rover Discovery Sport
Sumber :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto

VIVA.co.id – Ada satu impian yang terngiang-ngiang di benak Suwardi, juara Kelas Terbang turnamen beladiri campuran atau yang biasa disapa Mixed Martial Arts (MMA) tingkat nasional bertajuk One Pride MMA, yang tayang di tvOne.

9 Petarung Indonesia Hadapi China di One Pride MMA King Size New Champion

Pria tamatan SMP itu sejak lama sangat mendambakan dapat membesut mobil impiannya, Land Rover Discovery Sport. Tak heran jika kemudian dia begitu riang bukan kepalang, saat VIVA.co.id mengabulkan khayalannya mencoba mobil tersebut melalui program Celebrity Dream Car.

Celebrity Dream Car adalah sebuah program baru dari VIVA.co.id, yang bertujuan untuk memberi nuansa berbeda pada berita seputar otomotif dan gaya hidup.

Perburuan Sabuk Abadi One Pride MMA, Suwardi Tak Mau Remehkan Lawan

Lalu, apa saja kehebatan dari mobil tersebut? VIVA.co.id coba mengulasnya dengan menjajal mobil tersebut di kawasan Sentul City, Bogor, Jawa Barat.

Di Tanah Air, Discovery Sport ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yakni diesel 2.200cc dan bensin 2.000cc. Keduanya sudah menggunakan sistem penggerak semua roda, agar mudah menaklukkan medan berat. Mobil ini dihadirkan secara resmi pada 2016 lalu oleh PT Grandauto Dinamina, agen pemegang merek Jaguar dan Land Rover di Indonesia.

Perebutan Sabuk Abadi One Pride MMA, Suwardi Tak Mau Remehkan Lawan

Mengandalkan sasis monocoque yang lebih ringan seperti Evoque, desain eksterior Discovery dibuat mirip Freelander yang seolah-olah terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat. Bentuk bodi yang besar dan gemuk dianggap ideal sebagai mobil perkotaan.

Saat masuk ke kabin, tampilan interior terlihat mewah berkat panoramic sunroof dan balutan material semikulit berwarna hitam di jok, dasbor dan panel pintu.

Juara Flyweight One Pride MMA, Suwardi, saat menjajal Land Rover Discovery.

Suwardi saat berpose di dalam Land Rover Discovery Sport (Foto: VIVA.co.idJeffry Yanto)

Dengan harga jual Rp1,4 miliar, sudah sepantasnya bila multi purpose vehicle (MPV) ini mengadopsi jok elektrik di kursi pengemudi dan penumpang depan. Berbeda dengan Discovery diesel, yang ditawarkan dengan Rp1,3 miliaran namun joknya masih manual.

Dengan postur pengemudi tinggi 175 sentimeter dan berat 78 kilogram, jok terasa empuk dan posisi mengemudi sangat ergonomis. Untuk menambah kenyamanan dalam kabin, tersedia headunit layar sentuh tujuh inci dan enam pengeras suara.

Discovery sudah dilengkapi dengan fitur untuk melintas di jalur off-road dengan lebih mudah dan aman, seperti Hill Descent Control, Ascent Control dan Terrain Response.

Karena dibekali dengan perangkat turbocharger, mesin 2.000cc yang terpasang bisa menghasilkan respons sangat bagus. Berkat dukungan transmisi otomatis sembilan percepatan, untuk mencapai kecepatan 150 kilometer per jam hanya butuh putaran mesin 1.800 rotasi per menit.

Penyematan per keong di roda depan dan multi link di bagian belakang membuat pesaing BMW X3 ini tidak mudah oleng saat melewati jalanan berliku. Hanya saja, karakter suspensi sedikit keras jika melintasi jalur datar. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya